Kadis DLH Didampingi Penghulu Cek Lokasi Daerahnya Untuk Atasi Banjir

Senin, 26 Juli 2021 - 09:25:42 WIB Cetak

MOMENRIAU.com (Rohil) - Dalam rangka mendukung kinerja program 100 hari Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dan wakil bupati H. Sulaiman SS.MH salah satunya untuk Mengantisipasi musim hujan yang tidak lama lagi memasuki bulan Agustus s/d Desember 2021 yang selalu berdampak terjadinya banjir. (Minggu, 25 Juli 2021)

Dalam hal ini kepala dinas lingkungan hidup kabupaten Rohil Suwandi Sos  yang didampingi Datuk Penghulu Bagan Jawa Markasim SE, Ketua RT dan sejumlah masyarakat setempat  turun langsung guna meninjau cek lokasi yang direncanakan dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan normalisasi aliran ke sungai yang dianggap mampet dikarenakan sudah di tumbuhi semak belukar sehingga dapat menimbulkan banjir didaerah tersebut. 

Area yang akan di laksanakan pengerjaan normalisasi ini yang berlokasi daerah jalan makmur ujung , Kepenghuluan Bagan Jawa, Kecamatan Bangko,.

Dalam hal ini Datuk Penghulu Bagan Jawa Markasim SE Mengatakan hari ini dirinya bersama kadis dlh  Suwandi Sos serta perangkat RT dan masyarakat  turun kelokasi atas perintah Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong' katanya

Kemudian Markasim juga mengatakan dilihat dari kondisi aliran air sungai yang mampet dan di tumbuhi rumput semak belukar mudah-mudah setelah alat berat yang di turunkan oleh pemerintah dapat mengatasi banjir yang melanda di kepenghuluan Bagan jawa ini tidak terjadi lagi bila musim hujan tiba' ucapnya

Penghulu Bagan jawa juga mengajak masyarakat “Mari kita dukung sepenuhnya program kerja Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Rokan Hilir, yang sudah menyiapkan alat berat excavator (Beko)' imbuh Markasim SE.

Lanjutnya penghulu Markasim SE akan mengadakan pertemuan dengan masyarakat setempat untuk melakukan sosialisasi mengingat diarea tersebut “Mungkin ada tanaman masyarakat yang sudah di kelola selama ini. Bagaimana pun juga ini merupakan tanggung jawab kita bersama demi terlaksananya pekerjaaan normalisasi aliran sungai dapat berjalan lancar di daerah kita ini' lanjutnya

Karena “Bagan Jawa ini kan beda dengan bagan Jawa pesisir kalau bagan Jawa pesisir diuntungkan dua sektor, pertama pertanian dan kelautan. kami ini Daerah restorasi gambut jadi kalau musim kemarau Kami memang waspada betul tentang kebakaran,”Imbuhnya.

Sementara Itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir Suwandi S,Sos Mengatakan  2 tahun terakhir ini pihaknya melakukan normalisasi yang ada di kecamatan Bangko.

“Apalagi pada saat musim hujan Kasihan terendam sawit yang banyak mati, pertanian juga banyak yang terendam,”Katanya.

“Alhamdulillah kemarin Pak Bupati sudah perintahkan kami untuk koordinasi dengan penguhulu Bagan Jawa makanya hari ini kami turun untuk mengatur teknis pelaksanaan kegiatan secara kedinasan,”ucap Suwandi.

Suwandi S. Sos  juga menyampaikan bahwa akan diturunkan 1 unit  alat berat excavator (Beko) PC 200 untuk melakukan penggalian aliran air sungai yang lebih kurang 6 kilo meter panjangnya, dan lebar 15 meter. Karena ini salah satu program yang telah dicanangkan Bupati dan Wakil bupati Rohil dan kita harus siap mendukungnya dan ini sudah yang kedua kali kami turun kelokasi' jelasnya

“kita sekarang juga berharap di kecamatan Bangko khususnya pada saat musim hujan tidak lagi ada rumah warga terendam apalagi kerentanan sampai berbulan-bulan kasihan kita,”Ungkapnya.

Ditambahkannya hari ini kita  juga akan  meninjau lokasi dari mana awal dimulai pelaksanaan kegiatan Penggalian nantinya.

Suwandi meminta pihak desa untuk segera mensosialisasikan ke masyarakat lantaran melihat dari jalan masuk Kelokasi banyak tanaman masyarakat guy" tutup kadis dlh suwandi. S.sos. (Red)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ