Diduga BUMDes Tidak Transparan Mengelolah Keuangan, dan Usaha Mendapat Nilai Baik Dari Pendamping Desa

Rabu, 09 Juni 2021 - 13:17:25 WIB Cetak

BASIRA-Diduga pendirian dan pelaksanaan usaha BUMDes milik Kepenghuluan Bagan Sinembah Barat tidak transparansi dan berpontensi terjadi pelanggaran karena tidak memenuhi syarat asas berdirinya musyawarah dan gotong royong dinilai baik dari pendamping Desa.Kamis (09/05)

Hal tersebut sangat dikeluhkan warga bahwa BUMDes milik Kepenghuluan Bagan Sinembah Barat tidak terlihat wujudnya dan tidak memiliki inovatif serta tidak dapat mengakomodir usaha kecil warga demi kesejahteraan warga.

Datuk Penghulu Bagan Sinembah Barat saat di konfirmasi terkait kebenaran informasi tersebut menjelaskan Usaha BUMDes Kepenghuluan Bagan Sinembah Barat, Suratman mengatakan usaha BUMDes bagus dan mendapat profit keuntungan.

"Unit Usaha BUMDes kami sehat bergerak di bidang surat jalan (SP) untuk buah kelapa sawit yang akan dibawa ke pabrik dan itu disebutkan bagus oleh pendamping desa,"Ucapnya.

Saat dipertanyakan kembali apakah usaha milik BUMDes saat ini sudah termasuk inovatif desa sehinga mampu membawa dampak positif meningkatkan kesejahteraan masyarakat Datuk Penghulu Bagan Sinembah Barat hanya mampu kembali mengatakan, usaha nyata dan mendapat keuntungan.

"Usaha kami ada tetapi saat ini Direktur BUMDes nya mau mengundurkan diri usai acara pesta dirumahnya, karena merasa repot membuat laporan,"ucapnya sembari menerangkan Direktur BUMDes tersebut berpofesi sebagai toke sawit juga memiliki surat pengantar (SP) sendiri yang akan dikirim kepabrik juga.

Jelas keterangan tersebut sangat mencurigakan awak media seorang toke sawit yang memiliki surat pengantar (SP) sendiri ditunjuk menjadi Direktur BUMDes dengan jenis usaha yang sama dan bagaimana bisa membedakan hasil usaha BUMDes dengan hasil pribadinya.

Saat dipertanyakan apakah sudah pernah melaksanakan rapat musyawarah untuk laporan pertanggung jawaban Suratman terkesan berkilah dan menghindar.

"ya habis acara pesta dirumah Direktur BUMDes lah sekalian meminta keterangan mundur atau tidak,"tuturnya.

Ketika prihal ini di konfirmasi kepada Pendamping Desa yang meyebutkan Usaha BUMDes Bagan Sinembah Barat sudah baik dan bagus, Jaka, melalui seluler mengatakan sudah baik karena mendapat keuntungan."Sudah bagus usahanya karena dapat untung,"ucapnya.

Saat dipertanyakan kepada JAKA kembali apakah usaha tersebut sudah sesuai dengan tujuan berdirinya BUMDes untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan untuk kesejahteraan warga dengan menglorasi potensi desa yang inovatif.

"Tidak di sebutkan inovatif yang jelas usaha ada dan mendapatkan profit,"jawaban yang terkesan tidak melakukan pembinaan secara serius dari pendamping desa sembari memohon maaf menutup telepon pembicaraan.(Ndri)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ