Lewat Komsos, Babinsa Koramil 02/TP Himbau Warga Tak Bakar Lahan

Jumat, 04 Juni 2021 - 13:53:17 WIB Cetak

MAMUGO -- Memasuki musim panas,  dengan menggandeng aparat pemerintah, personil Koramil 02/TP tidak hanya melakukan kegiatan sosialisasi dan patroli,  melainkan juga dengan melakukan pertemuan bersama warga masyarakat. 

Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Tp, Pelda EH Purba dan Datuk Penghulu melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga masyarakat sekitar kepenghuluan Mamugo kecamatan Tanah Putih. 

Kegiatan itu adalah satu bentuk antisipasi pembakaran lahan yang saat ini sering dilakukan oleh oknum masyarakat ketika membuka maupun membersihkan kebun dan pertanian karena dianggap lebih mudah/cepat dan hasilnya lebih maksimal dalam bercocok tanam.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi SIP MI Pol yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Arh Jemirianto membenarkan kegiatan tersebut. 

Dan pada kesempatan itu, menurut Danramil seluruh Babinsa selalu memberikan himbauan kepada masyarakat tentang dampak kesehatan yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan.

“Dengan adanya sosialisasi ini warga tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar serta apabila di lapangan ditemukan adanya oknum masyarakat yang berupaya melakukan pembakaran lahan agar dilakukan pencegahan atau segera dilaporkan kepada pihak terkait,” ucap Danramil.

Ia juga menuturkan pihak Koramil 02/TP terus melakukan pendekatan kepada masyarakat dan pemilik lahan untuk mensosialisasikan karhutla di seluruh wilayah Koramil 02/TP, sebab jika pencegahan ini berhasil tentu tidak perlu melakukan pemadaman.

“Bahkan kami terus mengadakan himbauan kepada masyarakat tentang aturan hukumnya, sehingga masyarakat bisa memahami dari akibat resiko membakar hutan ataupun lahan,” tutur Kapten Arh Jemirianto. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ