Babinsa Koramil 02/TP Lakukan Tracking dan Screening

Sabtu, 22 Mei 2021 - 14:01:38 WIB Cetak

PUJUD -- Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona serta menindaklanjuti munculnya satu orang warga yang terpapar covid-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG), untuk itu  Babinsa Koramil 02/TP, Serda Irdan Siregar bersama Tim Screening dari Puskesmas Puskesmas Pujud melaksanakan tracing guna melacak penyebaran Covid-19. 

Sebelum melaksanakan tracking, Babinsa Koramil 02/TP bersama tim screening Puskesmas melaksanakan koordinasi singkat tentang teknis pelaksanaan sebelum bergerak menuju lokasi tracking di Dusun 1 RT 002 RW 003 Kepenghuluan Sukajadi Kecamatan Pujud.

Tracing tersebut dilakukan kepada warga masyarakat yang kontak erat dengan pasien yang sehari-harinya berprofesi sebagai karyawan swasta tersebut yang saat ini sedang melakukan isolasi mandiri dirumahnya. 
Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi SIP MI Pol yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Arh Jemirianto membenarkan kegiatan tersebut. 

Danramil juga menjelaskan bahwa Contact Tracing atau penelusuran kontak tersebut dilakukan guna mengendalikan laju penyebaran virus melalui pasien yang teridentifikasi.

“Agar kita mengetahui secara pasti siapa saja orang yang pernah kontak dengan pasien agar orang tersebut kemudian lebih mudah untuk kita pantau dan di evaluasi saat diketahui pernah kontak dengan pasien positif Covid-19,” ungkap Danramil. 

Contact Tracing yang dilakukan Babinsa bersama team screening sekaligus melakukan pendampingan pendataan, pengecekan  data di radius tempat pasien melakukan aktivitas .

Selain melakukan penelusuran kontak, Babinsa dan Team Screening juga mencari informasi serta keterangan tambahan kepada warga pasar terkait siapa saja yang pernah terhubung dengan pasien tersebut.

" Dan dari tracking dan screening yang lakukan terhadap 6 orang warga akhirnya didapatkan hasil 2 dinyatakan positif dan 4 negatif, " terang Kapten Arh Jemirianto. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ