Pertanian

Sudarmin,"Panen Padi Tahun Ini Meningkat".

Senin, 03 Agustus 2020 - 22:38:12 WIB Cetak

Sawah seluas 12 Ha didesa Bukit Langkap Kabupaten Lingga, pada hari Senen (03/08-2020) melaksanakan panen pertama untuk tahun 2020.

Sudarmin,"Panen Padi Tahun Ini Meningkat".

   (Momenriau.com Lingga). Sejumlah kelompok petani di Desa Bukit Langkap, Kabuaten Lingga, melakukan panen padi pertama pada hari Senen (03/08-2020) untuk tahun 2020 ini.


     Berbagai upaya, untuk meningkatkan produksi sudah dan akan terus dilakukan, termasuk dalam pengembangan sawah baru cetak dinegeri Bunda Tanah Melayu, sehingga perlunya inovasi agar produksi tetap terjaga.

      Adapun total benih yang sudah ditebar, adalah pada lahan seluas 12 hektar, namun untuk waktu pemanenannya akan dilakukan secara bertahap.
     Salah satu petani di Bukit Langkap, Marwanto mengatakan, bahwa dari tahun sebelumnya, hasil panen untuk tahun ini mengalami peningkatan, akan ada 12 Ha sawah yang akan dipanen,  terdiri dari 5 varietas unggul, yaitu Inpago 9, Inpago 12, Inpara 6, Inpara 8, serta Bio Patenggang, dimana untuk masa panennya dimulai awal bulan Agustus hingga awal september.
     "Untuk panen hari ini, hanya 1 Ha dan alhamdulillah, terjadi peningkatan hasil dari tahun sebelumnya, untuk hari ini saja, hasil panen ubinan untuk produktifitas varietas inpago 9 mencapai 4.9 Ton/Ha, sementara untuk  Varietas inpago 12 berkisar 3.68 Ton/Ha", tutur Marwanto.
     Kepala Desa Bukit Langkap, Sudarmin mengatakan, sangat senang dengan hasil panen di tahun ini, ia berharap untuk persawahan desa Bukit Langkap, terus mengalami peningkatan hasil panen, apalagi pemerintah Kabupaten, Provinsi maupun Pusat, terus menggesa agar petani di seluruh Indonesia bisa menjadi petani yang  mandiri. 
     "Alhamdulillah ada peningkatan tahun ini, kalau tahun lalu petani masih memikirkan masalah hama dan penyakit untuk, kedepannya, petani lebih memikirkan peningkatan produktivitas hasil panen", tutur Sudarmin
     Sudarmin juga berharap, hasil panen kali ini bisa berkontribusi terhadap pemenuhan cadangan pangan masyarakat Lingga, sedangkan umtuk pemasaran, Pemerintah Desa sudah berkoordinasi dengan pengurus Bumdes, sehingga ada peningkatan ekonomi untuk masyarakat.(Kasubag Humas Pemkab Lingga/edysam).




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ