Panen udang

Desa Panggak Laut Kab.Lingga Melalui Kelompok Nelayan Melakukan Panen Udang Vanamei.

Jumat, 06 Maret 2020 - 13:36:22 WIB Cetak

M.Nizar S.Sos memanen udang di Tambak Desa Panggak Laut

Desa Panggak Laut Kab.Lingga Melalui Kelompok Nelayan Melakukan Panen Udang Vanamei.

      Lokasi tambak udang Desa Panggak Laut,Kec.Lingga Kab.Lingga Propinsi Kepri, pada hari Kamis (05/03-2020) melakukan panen udang Vanamei dengan hasil yang sangat memuaskan.
     Semula, panen dijadwalkan akan dilaksanakan saat umur udang telah genap berumur 3 bulan, namun dikarenakan pertumbuhan yang sangat pesat, akhirnya diputuskan sudah boleh dipanen tepat pada usia 2 bulan 2 hari pada hari Kamis (05/03-2020) ini.


     Selaku Kepala Desa Panggak Laut, Ahmad dalam penjelasannya dihadapan awak media ;"panen perdana ini sekaligus menjawab rasa pesimis masyarakat yang sempat meragukan keberhasilan tambak udang di Desa Panggak Laut,  hari ini, kita telah melihat bersama, bahwa ini hasil nyata dan bukan bohong".
     Sementara, penjelasan H.Kasiman selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lingga ;"langkah yang ditempuh oleh Dinas yang dipimpinnya adalah melebihi dari sekedar menentang arus, karena selama ini, bisa dikatakan bahwa hampir seluruh nelayan di Kabupaten Lingga merupakan nelayan tangkap, bukan nelayan tambak, sehingga pada awalnya memang cenderung menghadapi pesisimisme dari masyarakat, namun berkat kerja keras, serta studi-studi perikanan dan didukung oleh Pemerintah Daerah, akhirnya Desa Panggak Laut serta 5 Desa lainnya telah berhasil membudidayakan udang vanamei ini".
     Dalam kata sambutannya, Wakil Bupati Lingga M.Nizar S.Sos antara lain  mengatakan ;"Alhamdulillah, hari ini kerja keras, kerja cerdas kita sudah mulai menampakkan hasil, InsyaAllah tambak udang ini sudah bisa menjadi Pilot Project bagi desa-desa yang lain yang memiliki potensi untuk dikembangkan seperti saat ini, Pemerintah Kabupaten Lingga bersama dengan DPRD Kabupaten Lingga akan selalu hadir untuk mendukung masyarakat, terutama untuk membina sektor-sektor ekonomi baru bagi masyarakat, hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan Bupati Lingga H Alias Wello, S.IP, M.Tr, IP, pemerintah daerah tidak bisa secara terus menerus menopang keseluruhan pembiayaan tambak, berharap adanya manajemen yang baik, terutama menyangkut manajemen keuangan kelompok tani melalui pembinaan dinas terkait, sehingga nantinya kelompok nelayan bisa mengelola keuangannya dengan mandiri dan bisa menjadi contoh bagi kelompok-kelompok yang lain".
     "Harapan saya, dari hasil panen ini, bisa dimanfaatkan untuk membeli bibit serta kebutuhan-kebutuhan lain untuk pengembangan tambak selanjutnya, sekali lagi, selamat dan terimakasih kepada Dinas Perikanan, DPRD yang terus mendukung, Camat, Kades, BPD serta masyarakat atas panen perdana kali ini, semoga membawa berkah, dan menjadi contoh yang baik bagi desa lainnya, semoga Allah memberikan ridho dari apa yang kita lakukan hari ini, serta dibalas sesuai dengan yang kita kerjakan"; demikian M. Nizar S.Sos mengakhiri kata sambutannya.
     Kelihatan hadir pada panen udang tersebut antara lain ; Ketua DPRD Kabupaten Lingga Nashiruddin, Kepala Bakesbangpol Lingga Armia, Kadishub Lingga Selamat, Kabag Kominfo dan Humas Jumadi, Camat Katang Bidare Safar, Camat Lingga berserta ibu serta Para Kepala Desa, dan Tokoh Masyarakat setempat.
     Pada panen kali ini ditargetkan hasil yang dipanen minimal mencapai angka 1,5 ton( sumber media centre Kab. Lingga/rudi saprizal/editor oleh edysam).




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ