Masuk Nominasi Pangan Aman Tingkat Nasional

BPOM-RI Kunjungi Desa Batu Kacang Kec.Singkep Kabupaten Lingga

Rabu, 05 Februari 2020 - 22:29:29 WIB Cetak

LINGGA, MOMENRIAU - BPOM Republik Indonesia (RI) kunjungi Desa Batu Kacang Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Propinsi Kepulauan Riau guna melakukan verifikasi Nominasi Pangan Aman tingkat Nasional pada hari Rabu (05/02-2020)  di Balai desa Batu Kacang.

 Hadir pada kunjungan BPOM RI di Desa Batu Kacang tersebut, Wakil Bupati Lingga M.Nizar S.Sos, Ketua DPRD Kab-Lingga Ahmad Nashirudin, Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Yusrizal SH, Kapala BPOM Batam Yosef Dwi Irawan S.si,Apt, Kepala BPOM RI diwakili  Ruki Fanaike Stp,Msi, Ketua  PKK Kab-Lingga Hj. Heryulita Alias Wello, Kepala OPD, Ketua  PKK Kec-Singkep Ratna Rilawati, Kapolsek Singkep diwakili Bripka M.Yusuf.

Acara juga turut dihadiri Plt.Camat Singkep Agustiar, Kades Batu Kacang Suharkopeni,  Babinkamtibmas Desa Batu Kacang Briptu Khatib Maal,  Ka PTSP Kab-Lingga diwakili Abdul Hamid, para Lurah dan kepala desa serta tokoh agama .

Wakil Bupati Lingga M.Nizar, S.Sos dalam kata sambutannya mengucapkan selamat datang  Ketua BPOM RI Dan BPOM Batam, dengan hadirnya beliau disini, semoga dapat memberikan penilaian langsung dan melihat semoga hal ini menjadi nilai plus bagi Kabupaten Lingga, khusunya desa Batu Kacang.

"Saya mewakili Bupati Lingga, pada kesempatan ini, mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada BPOM karena telah memberikan kesempatan kepada Desa kami untuk mengikuti lomba Desa Aman Pangan tingkat Nasional sekaligus masuk dalam 7 nominasi," Kata M. Nizar.

Lanjutnya, Pada kesempatan ini, kami sampaikan kepada tim Verifikasi, saya akan hadir ditengah-tengah pelaksanaan Verifikasi guna memberikan keyakinan kepada Bapak, Ibu semua, bahwasannya Pimpinan Daerah dengan Desa Batu Kacang ini masuk sebagai Verifikasi tingkat Nasional yang akan dilakukan. Verifikasinya dilapangan nanti jangan sampai salah sasaran, carilah warung atau rumah tangga yang layak untuk dinilai, semoga kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini dan semoga kita bisa menang ditingkat Nasional," terangnya.

M. Nizar juga berharap agar pada kepada Kepala Desa yang lain, semoga dapat mengikuti atas capaian Desa Batu Kacang ini, dengan demikian, sehingga keamanan pangan ini dapat diterapkan di Desa-Desa yang lain.

Kepala BPOM Batam Yosef Dwi Irawan S.si,Ap dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kinerja Pemkab Lingga atas dukungan yang diberekan sehingga acara ini dapat terselenggara dengan sangat baik. Ia menjelaskan jika kita  berbicara tentang pangan, tentunya tidak terlepas dari tiga Aspek penting, yaitu Aspek Kesehatan, Ketahan Pangan dan Daya Saing yang tinggi.

"Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi atas dukungan Pemkab Lingga sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik, pagi ini merupakan bentuk komitmen kita bersama bagaimana program ini bisa membuahkan hasil maksimal.  Dan untuk saat ini, Desa Batu Kacang masuk nominasi Tujuh besar tingkat Nasional," kata Yosef Dwi Irawan.

Lanjutnya, Semoga Desa Batu Kacang ini, bisa masuk Tiga besar pada tingkat Nasional serta mampu berkomitmen membangun dan meningkatkan daya saing pada Daerah-Daerah lain. Harapan saya, hal ini dapat diikuti oleh Desa-Desa lain yang ada di Provinsi Kepri, khusunya di Kabupaten Lingga," harapnya.

 Kata sambutan ibu Ruki Fanaike Stp,Msi, mewakili BPOM RI ;"untuk lomba Desa Aman Pangan ini, merupakan apresiasi dari Program Pemberdayaan Masyarakat melalui BPOM dengan tujuan supaya turut serta dalam menjaga ketahanan pangan agar tetap aman, keamanan Pangan tidak hanya tanggung jawab Pemerintah Daerah ataupun Pemerintah Pusat, akan tetapi, juga merupakan tanggung jawab dari masyarakat dimana masyarakat berperan penting untuk mengkonsumsi pangan tersebut dan memilih pangan yang aman untuk dikonsumsi".

Lebih lanjut dalam pidatonya, ibu Ruki Fanaike Stp,Msi, mengatakan lomba ini dimulai dari tahun 2015, pada tahun ini, lomba Desa ini, di ikuti oleh 29 Desa dari 29 provinsi seluruh Indonesia, untuk Provinsi Kepri, Desa Batu Kacang dipilih menjadi perwakilan Desa yang ikut serta dalam lomba Desa Aman Pangan ini.

"Alahamdulillah Desa Batu Kacang masuk nominasi 7 besar, untuk penilaian nanti, kita akan lakukan pengecekan pada praktek pangan rumah tangga dan juga praktek pangan UKM di Daerah Desa Batu Kacang. Semoga hasilnya nanti, sesuai harapan dan bisa berjalan dengan lancar, semoga Program ini bisa berkelanjutan, sehingga kedepannya bisa mendorong pendapatan ekonomi di Kab-Lingga ini," harapnya.(Humas Pemkab/edysam).




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ