Ibu Ibu Kampung Pengambil Dongkrak Perekonomian Keluarga dengan Bercocok Tanam

Jumat, 08 November 2019 - 22:49:43 WIB Cetak

Ibu ibu yang tergabung dalam Pokja II Kampung Pengambil Desa Sungai Harapan saat melakukan pembibitan cabe rawit

Lingga (Momen Riau)- Ibu ibu Kampung Pengambil Desa Sungai Harapan Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga kini tidak hanya sibuk dengan urusan rumah tangga saja, namun sudah mulai ikut membantu perekonomian keluarga dengan bercocok tanam. Kegiatan ini merupakan program pemerintah kabupaten Lingga yang tengah mendongkrak sektor pertanian untuk kesejahteraan masyarakat. 

Sarmah ketua kelompok kerja II (Pokja) yang berlokasi di RT02/RW 02 beserta dua puluhan ibu ibu lainnya merasa sangat terbantu dengan program tersebut. Ia dan anggota lainnya saat ini tengah disibukkan dengan pembibitan cabe rawit di lahan berukuran 25 Meter x 50 meter. 

"Lahan ini kami tata dan bagi menjadi 28 bedeng. Kira-kira mampu menampung 1.500 bibit cabe," ungkap Sarmah di sela kegiatan pembibitan.

Dikatakan, kegiatan ini sangat membantu ibu ibu yang ada di desanya. Melalui kegiatan ini Sarmah menyebutkan, seluruh anggota Pokja diberikan edukasi terlebih dahulu tentang bercocok tanam.

"Melalui program ini tentunya anggota kami akan terbiasa bercocok tanam. Dan dari sini kami berharap untuk masa yang akan datang, hasil panen mampu menopang perekonomian warga dan menambah pendapatan," ungkapnya. 

Tak tanggung-tanggung, ia menceritakan jika nantinya masa panen tiba dalam jangka tiga hingga empat bulan mendatang, lahan yang tengah mereka garap bisa menghasilkan cabe hingga 150 Kg.

"Untuk itu kami para anggota pokja II terus berupaya menjalin komunikasi dan saling berkoordinasi dalam pengolahan lahan ini. Karena kami sangat berharap, dari kerja keras ini semua bisa membuahkan hasil yang maksimal," harapnya.

Ia dan seluruh anggota mengaku sangat berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Lingga khususnya Kepala Desa Sungai Harapan Malisi yang telah menggagas program tersebut. 

"Kami, ibu-ibu Pokja II, sangat berterima kasih kepada Pak Mlisi karena telah memberikan kepercayaan kepada kami  untuk mencoba dan membuat kegiatan ini. Karena ini sangat besar manfaatnya bagi kami. Ibu ibu disini bisa memiliki kegiatan yang positif," ungkapnya.

Pantauan dilapangan, Desa Sungai Harapan saat ini tengah gencar melakukan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bidang pertanian. Dengan cara membentuk kelompok kerja. Selain cabe, daun seledri atau lebih dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan daun sop juga menjadi salah satu tanaman yang tengah dilakukan pembibitan. 

Laporan: Edysam

     




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ