Wakili Danramil, Babinsa Koramil 0321-02/TP Rohil Hadiri Sosialisasi Pengawasan dan Pendidikan Pemilih

Jumat, 20 September 2024 - 19:22:30 WIB Cetak

UJUNG TANJUNG -- Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati yang diwakili oleh Serka Norton Purba ikut menghadiri kegiatan Sosialisasi Pegawasan dan pendidikan pemilih pada Pilkada serentak 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel BIT jalan lintas Riau-Sumut Kepenghuluan Ujung Tanjung kecamatan Tanah Putih, Jumat (20/9/2024).

Dimana, hadir dalam kegiatan tersebut  Bawaslu Rohil, Jaka Abdillah SAg MIP, Gakumdu Polres Rohil, Mirwan Raniyus, Gakumdu Kejaksaan Negeri Rohil, Pratama Hendrawan Mahardika SH, Kapolsek Tanah Putih yang diwakili Bhabinkamtibmas, Aiptu Hetmon, Sekcam Tanah Putih, Abdul Razak, Datuk dan Lurah se-kecamatan Tanah Putih,tokoh masyarakat, tokoh agama, seluruh anggota Panwascam serta mahasiswa ITR.

Bawaslu Rohil, Jaka Abdillah SAg MIP dalam sambutannya mengucapkan  terima kasih kepada seluruh tamu dan undangan  yang telah berkenan hadir dalam Sosialisasi pengawasan dan pendidikan pemilih pada pemilihan serentak Tahun 2024

" Mari kita bersama-sama mengawasi pilkada serentak tahun 2024 di kabupaten Rokan hilir agar terjalin damai dan tentram. Dan saya juga mengharapkan kepada pihak ASN agar pelayanannya lebih netralitas kepada masyarakat," ujarnya.

Mirwan Raniyus dari Gakumdu Polres Rohil dalam sambutannya mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk sama-sama menegakkan dasar hukum dalam pemilu tersebut.

" Saya mengharapkan pihak ASN agar netralitas, politik uang, memberikan suara lebih dari 1x dari tempat TPS lain,  tidak boleh menggunakan fasilitas pemerintah dalam pilkada tersebut serta tidak diperbolehkan orasi/kampanye di tempat ibadah atau masjid," katanya.

Sementara itu Pratama Hendrawan Mahardika SH dari Gakumdu Kejari Rohil meminta kepada seluruh masyarakat untuk memberikan data yang tidak benar dalam pendaftaran pemilih.

" Kepala desa atau penjabat setara yang melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilu, mengacaukan, menghalangi atau mengganggu jalannya kampanye pemilu serta melakukan kampanye diluar jadwal yang ditentukan, " ujarnya.

 

Dandim 0322/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmaskan melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat terkait kepemiluan guna meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu Pemilihan Kepala Daerah serentak yang akan datang.

 

Peran pemilih sangat strategis di Pilkada 2024 untuk menentukan nasib bangsa ke depan. Sebagai pengalaman pertama ikut pemilu, bisa menjadi pengalaman yang menarik dan mengajarkan peran serta secara nyata dari pemilih," ujarnya.

Danramil juga menyampaikan Sosialisasi yang dilaksanakan menyasar beberapa segmen yaitu sosialisasi bagi pemilih pemula dan pemilih perempuan.

" Pendidikan pemilih yang dilaksanakan menyasar segmen pemilih pemula, berharap dengan adanya pendidikan pemilih (diklih) ini pemilih pemula tidak skeptis terhadap proses demokrasi di Indonesia. Pemilih Pemula diharapkan berperan aktif untuk mensukseskan Pilkada serentak 2024," harap Kapten Cba (K) Karnilawati. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ