Koramil 0321-06/TM dan Warga Kembali Lakukan Pendinginan Lahan Terbakar

Sabtu, 20 Juli 2024 - 17:05:10 WIB Cetak

PUJUD -- Memasuki hari keempat personel Koramil 0321-06/TM bersama dengan tim gabungan dari Polri dan Masyarakat Peduli Api (MPA) , Manggala Agni dan juga warga masyarakat kembali fokus melakukan pemadaman dan pendinginan.

Dimana kegiatan pemadaman dan pendinginan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (20/7/2024) itu langsung dilokasi yakni di kepenghuluan Sungai Pinang kecamatan Pujud tepatnya di koordinat E 1 ° 39'47" N 100°66'93".

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 06/TM, Kapten Inf Ujang Zakharimansyah membenarkan kegiatan tersebut.

" Pada dasarnya sejak kemarin kita sudah berhasil padamkan titik apinya dan sekarang ini kita masih fokus melakukan pendinginan," ujarnya.

Hal ini disebabkan, lanjutnya lagi disekitar lokasi masih menyisakan kepulan asap yang keluar dari sisa-sisa batang kayu yang terbakar.

" Karena jika dibiarkan dan mengingat kondisi cuaca yang masih ekstrim, serta angin yang kencang, maka bukan tidak mungkin kepulan asap ini dapat menjadi api lagi," terangnya kembali.

Dimana, untuk pemadaman dan pendinginan itu tim gabungan juga menggunakan peralatan berupa 2 Unit Mesin Ministraker, 8 gulung selang buang, 2 buah Nozel dan 2 buah selang Hisap.

Sementara itu saat ditanya tindakan selanjutnya, Danramil mengatakan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

" Untuk pemilik dan penyebab kebakaran itu masih dalam penyelidikan petugas kepolisian dalam hal ini Polsek Pujud, " ungkapnya lagi.

Kendati demikian Danramil mengatakan sejauh ini pihaknya terus memberikan pemantauan dan pengawasan. " Dari pantauan di lapangan, kuat dugaan bahwa kebakaran itu disebabkan oleh karena ulah oknum yang membuang puntung rokok sembarangan, " terangnya.

Dalam kesempatan itu Danramil juga kembali menghimbau kepada seluruh warga untum tidak melakukan pembakaran lahan karena cuaca yang panas ini serta tiupan angin yang cukup kencang, masyarakat diminta untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar.

“Mari sama-sama kita jaga lingkungan khususnya dari titik api, jangan coba-coba membuka lahan dengan cara dibakar,” pintanya. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ