Danau Napangga Tempat Wisata Penghasil Ikan Arwana, Koramil 0321-06/TM Siap Dukung Peningkatan Perekonomian Masyarakat Sekitar

Senin, 15 Juli 2024 - 14:49:07 WIB Cetak

TANJUNG MEDAN -- Berbicara tentang wisata, tentu saja yang ada dipikiran kita pasti itu adalah sebuah tempat yang indah, menyenangkan dan juga tempat refreshing setelah melakukan segala kegiatan.
 

Rokan Hilir merupakan salah satu kabupaten yang memiliki banyak tempat objek wisata yang sangat menarik dan mempesona, salah satunya yaitu Danau Napangga. 

Danau Napangga ini merupakan salah satu objek wisata yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

Danau Napangga adalah nama sebuah danau yang terletak di kilometer 70-72 dari Ujung Tanjung Kecamatan Tanjung Medan, Kabupaten Rokan Hilir dan memiliki luas lebih kurang sekitar 500 hektare.

Dengan posisi persis danau ini adalah di hulu sungai Batang Kumuh, Kepenghuluan Tanjung Medan yang berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hulu Riau dan Provinsi Sumatra Utara.

Danau ini terbentuk secara alami dan banyak ditumbuhi pohon-pohon yang rimbun, sangat cocok bagi pengunjung atau wisatawan untuk bersantai. Dan bahkan, tak jauh dari danau tersebut, juga terdapat sebuah sumber air panas yang sangat mempesona. 

Danau tersebut memiliki keistimewaan lain selain kondisi air nya yang jernih dan memukau, terdapat juga habitat ikan istimewa yaitu spesies ikan arwana Sumatra atau ikan Khayangan yang hidup di dalam danau tersebut . 

Seperti yang diketahui, bahwa spesies ikan arwana ini merupakan salah satu jenis yang langka dan tentu harganya sangat lah mahal .

Dulunya danau Napangga ini merupakan salah satu objek penghasilan masyarakat nelayan setempat. 

Danau Napangga ini penghasil ikan Arwana yang menjadi primadona bagi nelayan, sampai akhirnya perairan di Danau tersebut tercemar dan meyebabkan Ikan Arwana berpindah. Hal tersebut membuat penghasilan para nelayan menurun dan tidak menentu.

Danau ini juga memiliki pantai musiman, yaitu jika setiap datangnya musim kemarau danau tersebut akan menyurut dan tampaklah ditepian danau tersebut terdapat sebuah pantai kecil yang bisa di jadikan sebagai tempat persinggahan masyarakat penangkap ikan.

Yang paling menarik dari danau ini yaitu Konon katanya danau ini memiliki keunikan tersendiri karena menurut sebuah legenda, danau tersebut merupakan salah satu termpat persinggahan dan tempat peristirahatan seorang Raja dan Permaisuri pada zaman dahulu kala.

Danau Napangga sangat cocok untuk di kunjungi oleh para wisatawan karena suasana rimbun di sekitar danau masih sangat asri dan menyegarkan.

Untuk menuju ke lokasi objek wisata Danau Napangga ini cukup mudah karena fasilitas dan akses jalannya sudah bagus dan terdapat juga toko souvenir sehingga para wisatawan bisa membawa pulang oleh-oleh kerumahnya.
 

Selain itu juga, jalan-jalan untuk menuju ke tempat tersebut banyak yang sudah di aspal dan dapat memudahkan para pengunjung setempat dan para wisatawan yang rumahnya jauh untuk mendatangi Danau Napangga tersebut.

Meningkatkan Perekonomian Masyarakat 

Sejalan dengan itu aparat TNI dalam hal ini Kodim 0321/Rohil juga berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan tempat wisata yang ada di wilayah teritorialnya.

" Intinya, kita sebagai fungsi komando teritorial, Koramil 0321-06/TM sangat mendukung penuh dengan pengembangan tempat wisata yang ada di wilayah teritorial kita sendiri," kata Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP melalui Danramil 06/Kapten Inf Ujang Zakharimansyah kepada media, Senin (15/7/2024).

Danramil juga menyebutkan, bahwa dengan adanya penataan dan pengembangan yang bagus, maka akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat.

" Yang jelas, jika ditata dengan baik dalam pengembangan tempat wisata itu maka sudah barang tentu akan menambah penghasilan bagi warga masyarakat sekitar, misalnya dengan berdagang ataupun usaha lainnya," ungkap Kapten Inf Ujang Zakharimansyah. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ