Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 0321-03/Bgs Rohil Kembali Rutinkan Patroli di Desa Binaan

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:44:30 WIB Cetak

BAGANBATU -- Dua orang Bintara pembina desa (Babinsa) Koramil 0321-03/Bgs Rohil yang dipimpin oleh Serka Nikmal Siregar kembali rutin melaksanakan patroli untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

 

Kali ini kedua personel TNI ini mengajak warga setempat untuk melakukan patroli di sekitaran Kepenghuluan Bakti Makmur kecamatan Bagan Sinembah, Rabu (22/5/2024).

"Babinsa melibatkan pihak desa bersama-sama melakukan patroli mengantisipasi Karhutla karan sekarang musim kemarau," kata Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP melalui Danramil 03/Bgs, Kapten Inf Khairul Anwar.

Disampaikan Khairul Anwar, selain melakukan patroli, Babinsa juga rutin memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak Karhutla.

Hal tersebut juga sesuai perintah pimpinan di jajaran Kodim 0321/Rohil, agar masing-masing Koramil dapat lebih peka terhadap situasi di lapangan.

Menurutnya, untuk mencegah terjadinya Karhutla juga perlu kesadaran masyarakat, terutama dalam membuka lahan pertanian dengan cara dibakar dan juga adanya lahan untuk di wilayah teritorial Koramil 0321-03/Bgs Rohil.

"Karhutla bisa terjadi tidak hanya saat musim berladang, tetapi ada beberapa penyebab lainnya seperti membakar sampah di lahan gambut atau juga bisa melalui puntung rokok, apalagi saat ini musim kemarau," jelasnya.

Dia mengatakan hingga saat ini belum terjadi Karhutla, namun patroli dan sosialisasi itu sebagai upaya antisipasi.

"Yang perlu kita cegah dan antisipasi bencana alam karena cuaca tidak menentu, sekarang ini cuaca panas dan kemarau rawan terjadinya Karhutla, " katanya lagi.

Dalam setiap kegiatan, masih kata Danramil lagi pihaknya juga melibatkan kelompok masyarakat peduli api dan pihak perkebunan kelapa sawit dalam mengantisipasi Karhutla.

"Kita seru melakukan pelatihan penanggulangan Karhutla, tetapi perlu ada upaya pencegahan dengan kesadaran masyarakat untuk mengantisipasi Karhutla," pesannya. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ