Personel Koramil 0321-02/TP Rohil dan Persit Ikuti Penyuluhan Kanker Rahim dan Sosialisasi Edukasi Pra konsepsi Calon Pengantin

Senin, 20 Mei 2024 - 09:59:41 WIB Cetak

UJUNG TANJUNG -- Personel Koramil 0321-02/TP Rohil bersama Persit KCK pada Senin (20/5/2024) secara serentak mengikuti kegiatan penyuluhan Kanker Rahim, mental health dan sosialisasi edukasi pra konsepsi bagi calon pengantin.

Kegiatan yang dilakukan secara daring bersama pemateri dari Korem 031/WB tersebut dimaksudkan untuk memberikan antisipasi pencegahan dini sekaligus pemahaman bagi para calon pengantin.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati mengatakan, bahwa kegiatan tersebut juga berkenaan dengan upaya menekan Angka Kematian Ibu (AKI).

Menurut Danramil, bahwa masalah yang berkaitan dengan kehamilan dan persalinan, termasuk AKI tidak dapat dilepaskan dari berbagai faktor yang mempengaruhinya, antara lain status kesehatan ibu dan kesiapan untuk hamil, pemeriksaan antenatal atau masa kehamilan, pertolongan persalinan dan perawatan segera setelah persalinan, serta faktor sosial budaya.

" Kehamilan yang ideal adalah kehamilan yang direncanakan, diinginkan, dan dijaga perkembangannya secara baik. Sedangkan kehamilan yang tidak diinginkan dapat berdampak negatif pada kondisi ibu dan anak karena dapat terjadi pengabaian kesehatan ibu dan anak saat proses kehamilan, persalinan dan nifas, potensi pengguguran kandungan yang tidak aman, melahirkan anak yang tidak sehat hingga pengabaian terhadap hak-hak anak. Kehamilan yang tidak diinginkan dapat terjadi pada pasangan yang tidak menggunakan kontrasepsi padahal tidak ingin hamil, telah menggunakan kontrasepsi namun mengalami kegagalan, dan  akibat hubungan seks pranikah," ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjut Danramil lagi bagi calon pengantin yang akan menikah adalah cikal bakal terbentuknya sebuah keluarga, sehingga sebelum menikah calon pengantin perlu mempersiapkan kondisi kesehatannya. 

" Selama ini, banyak orang yang kurang memahami pentingnya kondisi pada masa sebelum proses konsepsi sehingga para calon bapak dan ibu hnya berkonsentrasi pada persiapan proses kehamilan dan persalinan saja. Hal ini dapat terjadi karena minimnya pengetahuan tentang pranikah dan prakonsepsi," terangnya kembali.

Danramil juga menjelaskan, bahwa kelas edukasi kesehatan pranikah dan prakonsepsi calon pengantin adalah salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan  calon pengantin.

" Khususnya tentang kesehatan khususnya kesehatan pada masa pranikah dan prakonsepsi sehingga dapat mempersiapkan perkawinan secara optimal, mempersiapkan kehamilan sehat, dan mendapatkan generasi yang berkualitas," ungkapnya lagi.

Demikian pula halnya yang berkenaan dengan persoalan Kanker Rahim, menurut Danramil harus senantiasa difahami sejak dini.

" Intinya, selalu menjaga kebersihan, mengkonsumsi makanan sehat serta menerapkan pola hidup yang sehat pula," tegas Kapten Cba (K) Karnilawati. (min)

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ