PT Elnusa,Tbk Bayarkan Kompensasi Kepada Warga Kecamatan Bangko Pusako

Kamis, 09 Mei 2024 - 20:00:38 WIB Cetak

Rohil - PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) melalui PT. Elnusa Tbk kembali melakukan pembayaran kompensasi kegiatan Survei Seismik 3D Balam Southeast diwilayah Kepenghuluan Bangko Jaya Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir, Kamis (09/05/2024).

Pelaksanaan Pembayaran kompensasi berlangsung di halaman kantor Pospol KM.8 Desa Bangko Permata, penerima kompensasi diberikan kepada 2.500 masyarakat Kepenghuluan Bangko Jaya .

Hadir dalam acara tersebut, Camat Bangko Pusako Drs. Adnan,MM, Kapolsek Bangko Pusako Iptu Awi Ruben, SH bersama Bhabinkamtibmasnya, Danramil Bangko Pusako Kapten (Arh) Iswandi beserta Babinsanya, Penghulu Desa Bangko Jaya Suhardi, A.Mk beserta jajarannya dan Kapospol KM.8 Bripka Deni Nainggolan serta Reza Fathoni selaku Humas PT. ElnusaTbk.

Sementara itu Camat Bangko Pusako Drs. Adnan, MM dalam arahannya menyampaikan bahwa kompensasi dari pelaksanaan SurveiSeismik 3D Balam SE bersifat sesaat bukan berkelanjutan, jadi bagi Bapak/Ibu yang mendapatkan kompensasi hanya sekali ini saja, oleh sebab itu mohon dipahami dan mengerti agar apa yang menjadi proyek vital nasional ini dapat kita dukung dan terlaksana dengan baik,hingga mendapatkan hasil yang positif untuk masyarakat banyak” ucap Camat singkat.

Penghulu Desa Bangko Jaya Suhardi, A.Mk dalam sambutannya mengatakan bahwa Pelaksanaan kegiatan Survei Seismik 3D Balam Southeast yang dilaksanakan oleh PT. ElnusaTbk di Kecamatan Bangko Pusako adalah program Pemerintah Pusat melalui PT. PHR, untuk itu kita wajib mendukungnya,” ungkap Suhardi.

Lebih lanjut Suhardi berharap dalam pembayaran kompensasi ini, apabila ada yang kurang pas di lapangan harus berkoordinasi dengan petugas yang mendata dan daripanitiadesa,” tutup Penghulu Desa Bangko Jaya.

Selanjutnya, Humas PT. Elnusa Tbk Reza Fathoni dalam penjelasannya mengatakan bahwa ada beberapa desa di wilayah Kecamatan Bangko Pusako yang dilintasi oleh kegiatan survey seismik 3D Balam SE diantaranya adalah Bangko Jaya, Bangko Permata, Bangko Pusaka, Bangko Bakti dan Pematang Ibul. 

Pembayaran kompensasi ini akan dilakukan terus bertahap hingga selesai guna memenuhi tanggungjawab mengikuti aturan yang berlaku,” jelas Reza Fathoni.

Reza melanjutkan, “perlu di ketahui bahwa apa saja yang harus kami berikan sebagai kompensasi itu sesuai dengan data di lapangan, adapun permasalahan lain dilapangan yang timbul akibat dari pekerjaan survey seismic yang menjadi tanggung jawab PT Elnusa Tbk akan diselesaikan hingga tuntas”.

Ditempat yang sama, warga menyambut baik pembayaran kompensasi dari PHR yang dilakukan oleh PT. Elnusa Tbk atas kegiatan proyek Survei Seismik 3D Balam SE dan berharap apa-apa saja yang berdampak akibat proyek ini segera ditindaklanjuti hingga selesai agar warga masyarakat tidak ada yang dirugikan akibat kegiatan ini,” ujar ibu Juliani dari dusun Wonosari, Desa Bangko Jaya.

Sementara itu, Raditya Sais Putra selaku Pengawas Lapangan dari Departemen Eksplorasi PHR untuk kegiatan Survei Seismik 3D Balam SE mengatakan, “Tentunya kami (PHR) tidak ingin meninggalkan kesan negative terhadap pekerjaan ini, sehingga kegiatan kompensasi yang dilaksanakan oleh PT. Elnusa, Tbk sebagai pelaksana utama kegiatan pada hari ini merupakan salah satu tanggungjawab moral dari PHR kepadawarga yang terdampak. 

Tentunya apa yang kami berikan semua berdasarkan aturan yang berlaku di Kabupaten Rokan Hilir. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini membawa keberkahan kepada seluruh stakeholder yang terlibat.

Pantauan awak media dilapangan, kegiatan pembayaran kompensasi dari PT. PHR yang dilaksanakan oleh PT. Elnusa Tbk kepada warga Desa Bangko Jaya yang dilintasi Survei Siesmik 3D Balam SE  dimulai pukul 09.00 WIB  berlangsung aman dan terkendali. (D05).




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ