Terpantau Satelit, Babinsa Koramil 0321-02/TP Rohil dan Warga Verifikasi Titik Api

Selasa, 23 April 2024 - 11:31:06 WIB Cetak

RANTAU KOPAR -- Menindaklanjuti terpantaunya titik panas melalui aplikasi Dasboard Lancang Kuning, tiga orang Babinsa Koramil 0321-02/TP Rohil yang dipimpin oleh Sertu A Sinamo bersama dengan warga masyarakat langsung melakukan verifikasi dilapangan. 

Dimana, verifikasi tersebut dilaksanakan pada Selasa (23/04/2024) itu langsung menuju kelokasi, yakni RT 02 RW 05 Dusun 3 Pematang Siku kepenghuluan Bagan Cempedak kecamatan Rantau Kopar.

Dan untuk menuju ke lokasi sesuai yang terpantau dalam aplikasi Hospot lancang Kuning di koordinat Co 1' 21' 58 ' N 100' 59' 5" E itu Babinsa harus menempuh jarak sekitar 50 Km. 

Dan setibanya dilokasi yang merupakan lahan galong itu Babinsa menemukan bekas terbakar yang melanda hamparan semak belukar diatas lahan seluas sekitar 1 hektare. 

Dandim 0321/Rohil Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati membenarkan bahwa telah dilakukan verifikasi tersebut. 

“ Benar kita telah melakukan verifikasi atas pantauan satelit. Dan setelah dilokasi kita menemukan adanya lahan semak belukar yang terbakar, " ujarnya. 

Kendati sudah padam,  lanjut Danramil lagi sejauh ini pihaknya terus memberikan pemantauan dan pengawasan. 

" Dari pantauan di lapangan, kuat dugaan bahwa kebakaran itu disebabkan oleh karena ulah oknum yang membuang puntung rokok sembarangan, " terangnya.

Dalam kesempatan itu Danramil juga kembali menghimbau kepada seluruh warga untum tidak melakukan pembakaran lahan karena cuaca yang panas ini serta tiupan angin yang cukup kencang, masyarakat diminta untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar.

“Mari sama-sama kita jaga lingkungan khususnya dari titik api, jangan coba-coba membuka lahan dengan cara dibakar,” pintanya. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ