Komsos Bersama Warga, Personel Koramil 0321-03/Bgs Rohil Ingatkan Warga Jaga Kesehatan dan Tidak Membakar Lahan

Kamis, 18 April 2024 - 10:51:40 WIB Cetak

BALAI JAYA -- Memasuki musim kemarau sehingga rawan terjadi kebakaran untuk menghindari hal tersebut Koramil 0321-03/Bgs Rohil kembali melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat.

Kegiatan Komsos tersebut menghimbau warga untuk tidak membakar hutan saat membuka atau membersihkan ladang untuk mencegah Karhutla sekaligus meningkatkan pengawasan dan pemantauan di kebun.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh 3 orang Babinsa Koramil 0321-03/Bgs Rohil yang dipimpin oleh Serma Syahrudin di Kepenghuluan Pasir Putih kecamatan Balai Jaya, Kamis (18/4/2024).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 03/Bgs, Kapten Inf Khairul Anwar mengatakan, bahwa kegiatan Komsos tersebut adalah upaya TNI untuk meningkatkan silaturahmi dan menyampaikan pesan-pesan kepada warga binaannya.

Menurut Danramil, salah satu bentuk antisipasi pembakaran lahan yang saat ini sering dilakukan oleh oknum masyarakat ketika membuka kebun dan pertanian yang mana oleh segelintir oknum dianggap lebih mudah, lebih cepat dan hasilnya lebih maksimal dalam bercocok tanam

" Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh minimnya pengeluaran modal bagi para Petani, oleh sebab itu Babinsa Koramil Kedungtuban melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) tentang larangan membakar hutan dan lahan (Karhutla) kepada warga binaannya," ujarnya.

"Dengan adanya sosialisasi ini warga tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar serta apabila di lapangan ditemukan adanya oknum masyarakat yang berupaya melakukan pembakaran lahan agar dilakukan pencegahan atau segera dilaporkan kepada pihak terkait," ujarnya.

Ia juga menuturkan terus melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk mensosialisasikan karhutla sebab jika pencegahan ini berhasil tentu tidak perlu melakukan pemadaman.

"Bahkan kami terus mengadakan himbauan kepada masyarakat tentang aturan hukumnya, sehingga masyarakat bisa memahami dari akibat resiko membakar hutan ataupun lahan," ungkapnya.

Pada Kesempatan itu, lanjut Danramil lagi para personel juga turut memberikan himbauan kepada masyarakat tentang dampak kesehatan yang ditimbulkan dari perubahan iklim tersebut.

" Jaga kesehatan disaat perubahan iklim seperti ini, dan jika ada keluhan ada baiknya segera periksakan ke dokter atau pusat kesehatan terdekat," himbau Kapten Inf Khairul Anwar. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ