Datangi Peternakan Warga, Babinsa Koramil 0321-03/Bgs Pastikan Seluruh Ternak Terbebas Wabah PMK

Kamis, 28 Maret 2024 - 11:02:48 WIB Cetak

BAGANBATU --   Jajaran Koramil 0321-03/Bgs Rohil kembali rutin mendatangi peternakan milik warga binaannya dengan melaksanakan kegiatan pemantauan terhadap kesehatan ternak warga.

Kegiatan kali ini dilakukan oleh Babinsa Koramil 0321-03/Bgs yang dipimpin oleh Kopti Eko Saputra yang pada Kamis (28/3/2024) dengan mendatangi ternak sapi milik warga kepenghuluan Jaya Agung kecamatan Bagan Sinembah.

Dimana, selain memantau kehadiran personel TNI dengan mendatangi kandang dan juga tempat umbaran dimaksudkan untuk mengetahui secara pasti kesehatan ternak warga.

Dan pengecekan ini bertujuan untuk mensosialisasikan PMK pada hewan ternak sapi kepada para pemilik. Hal ini dilakukan agar hewan ternak selalu dalam keadaan sehat dan tidak terjangkit penyakit.

PMK menjadi salah satu penyakit yang sering menyerang hewan ternak di Indonesia dan perlu diwaspadai oleh para peternak.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP melalui Danramil 03/Bgs, Kapten Inf M Manurung mengatakan, bahwa selama kegiatan, Babinsa juga melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak sapi milik warga binaannya.

Dan hasilnya, hewan ternak tersebut dinyatakan sehat dan tidak terjangkit penyakit. Selain itu, Babinsa juga memberikan beberapa tips dan cara perawatan hewan ternak sapi agar terhindar dari PMK.

" Sosialisasi PMK ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar, menghindari makanan yang tidak sehat, serta memberikan pakan yang cukup dan berkualitas untuk hewan ternak," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para peternak di wilayah binaan Koramil 03/Bgs untuk meningkatkan kualitas dan kesehatan hewan ternak.

"Kegiatan pendampingan, pemantauan, dan sosialisasi PMK oleh seluruh personil  diharapkan dapat membantu para peternak dalam menjaga kesehatan dan kualitas hewan ternak," jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan hewan ternak. 

" Dari pemantauan itu, kita simpulkan bahwa beberapa ekor sapi milik warga binaan kita masih aman dan terbebas dari ancaman wabah PMK," tegas Kapten Inf  M Manurung. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ