Babinsa Koramil 0321-06/TM Rohil Laksanakan Patroli Karhutla Bersama Warga

Kamis, 21 Maret 2024 - 14:03:59 WIB Cetak

TANJUNG MEDAN -- Upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 0321-06/TM Rohil rutin melaksanakan patroli dan sosialisasi stop Karhutla kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Serda Suratman bersama warga melakukan patroli guna mencegah terjadinya karhutla di Kepenghuluan Tanjung Medan kecamatan Tanjung Medan di Kamis (21/3/2024). 

Dalam setiap kegiatan, Babinsa juga memberikan pemahaman tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal ini disebabkan bahwa sebagian besar wilayah kabupaten Rokan Hilir adalah wilayah yang rawan terjadi Karhutla, maka dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan, maka pihaknya rutin patroli dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami juga mengimbau masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar, juga mengingatkan kepada masyarakat yang sedang membersihkan lahan pekarangan rumah agar menjaga api apabila sedang membakar sampah, " ujar Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP melalui Danramil 06/TM, Kapten Inf Ujang Z.

Pehamanan itu, lanjutnya lagi ini supaya tidak terjadi kebakaran. " Selain itu juga jangan buang puntung rokok sembarangan, khususnya kepada para pemancing,” tuturnya.

Danramil juga menyebutkan, Babinsa selalu menghimbau khususnya warga Desa agar selalu waspada terhadap kebakaran, segera lapor cepat apabila  menemui titik Api. 

" Kita juga mengingatkan supaya jangan lagi ada yang  membuka lahan dengan cara membakar yang bisa berdampak  menyebabkan pencemaran lingkungan warga setempat dan apa lagi sanksi denda pun cukup berat bagi pelaku pembakaran," tegas Kapten Inf Ujang Z. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ