Verifikasi Karhutla, Koramil 0321-02/TP Rohil Bersama Polri dan MPA Padamkan Lahan Terbakar

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:41:25 WIB Cetak

PUTAT  -- Menindaklanjuti terpantaunya titik panas melalui aplikasi Dasboard Lancang Kuning, tiga orang Babinsa Koramil 0321-02/TP Rohil yang dipimpin oleh Serda Munawir Nasution bersama dengan Polri dan Masyarakat Peduli Api (MPA) langsung melakukan verifikasi dilapangan.

Dimana, verifikasi tersebut dilaksanakan pada Selasa (19/3/2024) itu langsung menuju kelokasi, yakni di  di RT 001/RW 001 Dusun 1 Kepenghuluan Putat Kecamatan Tanah Putih.

Dan untuk menuju ke lokasi sesuai yang terpantau dalam aplikasi Hospot lancang Kuning di koordinat  N 1°22'35.724"    E 100°52'55.308" itu Babinsa harus menempuh jarak sekitar 30 Km dari Makoramil 0321-02/TP Rohil.

Dan setibanya dilokasi, tim gabungan tersebut menemukan lahan seluas sekitar 3 hektare telah terbakar dan mulai padam.

Melihat hal tersebut, tim gabungan langsung bergerak cepat melakukan upaya pemadaman dengan menggunakan peralatan meliputi Mesin air lengkap dengan selang pembuangan dan selang isap yang diangkut dengan menggunakan satu unit mobil operasional Koramil 0321-02/TP jenis Hilux.

Dandim 0321/Rohil Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan  melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati membenarkan bahwa telah dilakukan verifikasi tersebut.

“ Benar kita telah melakukan verifikasi atas pantauan satelit. Dan setelah dilokasi kita menemukan adanya lahan semak belukar yang terbakar, " ujarnya.

Kendati sudah padam,  lanjut Danramil lagi sejauh ini pihaknya terus memberikan pemantauan dan pengawasan.

" Dari pantauan di lapangan, kuat dugaan bahwa kebakaran itu disebabkan oleh karena ulah oknum yang membuang puntung rokok sembarangan, " terangnya.

Danramil juga menyebutkan, bahwa sejauh ini kondisi dilapangan sudah berhasil dipadamkan dan hanya menyisakan titik asap.

" Alhamdulillah api berhasil dipadamkan dan tinggal menyisakan titik asap. Dan untuk kondisi lahan adalah merupakan lahan galong. Dan untuk pemiliknya masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Danramil juga kembali menghimbau kepada seluruh warga untum tidak melakukan pembakaran lahan karena cuaca yang panas ini serta tiupan angin yang cukup kencang, masyarakat diminta untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar.

“Mari sama-sama kita jaga lingkungan khususnya dari titik api, jangan coba-coba membuka lahan dengan cara dibakar,” pintanya. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ