Deteksi Dini Wabah PMK, Babinsa Koramil 0321-03/Bgs Rohil Kembali Pantau Ternak Warga

Selasa, 05 Maret 2024 - 10:50:24 WIB Cetak

BASIRA -- Babinsa dari Koramil 0321-03/Bgs Rohil, Serka Edward Aritonang kembali melakukan monitoring perkembangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi di wilayah binaannya.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penanganan dini terhadap penyakit yang dapat mengancam kesehatan hewan ternak dan ekonomi masyarakat peternak.

Dimana, Babinsa Koramil 0321-03/Bgs Rohil juga melakukan pengecekan langsung terhadap ternak milik warga di kepenghuluan Harapan Makmur kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira), Selasa (5/3/2024).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 03/Bgs, Kapten Inf M Manurung mengatakan, bahwa kegiatan pemantauan ini bertujuan untuk memastikan kesehatan ternak Kambing dan sapi sekaligus mendeteksi dini potensi penyebaran PMK di lingkungan tersebut.

"Untuk sementara dari hasil pengawasan dan pengecekan langsung dari kami untuk hewan ternak Kambing dan sapi warga, semuanya dalam kondisi sehat dan tidak ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK," katanya.

Meskipun kondisi saat ini belum menunjukkan adanya PMK, Danramil  tetap mengingatkan setiap warga yang memiliki hewan ternak untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan hewan mereka. 

" Hal ini penting dilakukan agar potensi penyebaran penyakit dapat diminimalisir dan kesehatan ternak terjaga dengan baik," himbaunya.

Danramil juga mengingatkan masyarakat peternak untuk selalu menjaga kebersihan kandang ternak dan memastikan pakan yang diberikan berkualitas. 

" Kondisi lingkungan yang bersih dan pakan yang baik akan membantu mencegah terjadinya penyakit pada hewan ternak," terangnya kembali.

Danramil juga dengan tegas berkomitmen untuk terus melakukan monitoring secara rutin demi menjaga kesehatan hewan ternak dan mendukung keberlanjutan usaha peternakan di wilayahnya. 

" Selain itu, kita juga akan terus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat peternak mengenai langkah-langkah pencegahan dan penanganan PMK," ungkap Kapten Inf M Manurung. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ