STAI-Rokan Resmi Alih Status Menjadi Institut Agama Islam Rokan (IAIR), Rektor Terpilih Dilantik

Ahad, 03 Maret 2024 - 12:11:50 WIB Cetak

ROKANHILIR- Launching Perubahan Alih Status Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI-ROKAN)  menjadi Institut Agama Islam Rokan (IAIR) tahun 2024 dan Pelantikan Rektor Terpilih masa bakti Priode 2024-2028.

Launching perubahan alih status dan pelantikan yang di gelar di Ballroom Hotel Suzuya Plaza Baganbatu, Minggu (03/04/2024).tampak dihadiri langsung oleh Pendiri Yayasan, Irsyadul Islamiyah ,H.Yusuf Dahril Siregar dan Ketua Yayasan Zakarsi Pandapotan Siregar,SPd

Serta dihadiri langsung oleh,Plt Kepala Kementrian Agama Kabupaten Rokan Hilir, Khariul,S.Ag dan Kepala dinas Pendidikan,Ketua Majelis Ulama Indonesia Kecamatan Bagan Sinembah,Drs.Ahmad Yani,Kepala Kantor Urusan Agama Bagan Sinembah dan Pimpinan Bank Syariah Indonesia (BSI),DJP Kabupaten Rokan Hilir serta Seluruh Citivitas akademik Institut Agama Islam Rokan.

Dalam sambutanya Rektor terpilih, DR, Imran Rido SHi, MPD mengucapkan terimakasih atas dukungannya semua pihak sehingga terwujud perubahan alih status dari Sekolah Tinggi Agama Islam-Rokan (STAI-Rokan) menjadi Institut Agama Islam Rokan (IAIR).

DR Imran Rido,S,Hi, MPD juga menyampaikan hal yang mendasar dari perubahan harus kita mulai dari tempat kita sendiri,"mari perubahan kita mulai dari diri kita sendiri, yaitu baik perbaikan dari semua lini maupun dari perubahan pergerakan,"ucap Imran Rido.

Dirinya dalam sambutanya juga mengutip bahasa dari salah satu tokoh Indonesia mantan menteri agama Republik Indonesia Kabinet Pembangunan ke VII, M.Quraish Shihab mendeskripsikan perubahan dari yang baik menuju  lebih baik yaitu Hijrah untuk lebih baik bahkan menjadi yang terbaik.

Dirinya juga mengajak kepada seluruh unsur Citivitas akademik Institut Agama Islam Rokan (IAIR) kita semua harus menempatkan Tri Darma Perguruan Tinggi sebagai Nafas Perubahan Institut Agama Islam Rokan.

Ketua Yayasan Irsyadul Islamiyah, Zakarsi Pandapotan,SPd usai melantik Rektor Institut Agama Islam Rokan (IAIR) menyampaikan STA-Rokan di dirikan oleh ayahanda saya H.Yusuf Dahril Siregar pada tahun 2000 sampai saat ini sudah mencetak seribu lebih alumni,Dari 4 Program studi telah mencetak lebih seribu alumni

Dan setelah bertranformasi menjadi Institut Agama Islam Rokan (IAIR) pada tanggal 12 Desember 2024 dan memiliki 2 Fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah terdapat 3 jurusan, 

Yaitu Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Pendidikan Agama Islam Usia Dini (PAIUD) dan Fakultas Ekonomi berbasis Syariah satu jurusan Ekonomi dan Bisnis.

Ketua Yayasan juga menyampaikan STAI-Rokan setelah bertranformasi menjadi Institut Agama Islam Rokan (IAIR) saat ini telah memiliki tiga dosen yang bergelar Doktor (DR) dan Tahun depan akan bertambah lagi 7 Dosen dengan gelar dokter dan insya Allah juga satu Guru Besar dengan gelar Profesor,guna menunjang kedepanya untuk menjadi Universitas Islam Rokan Hilir.

Plt Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hilir, H.Kahril,S,Ag mengucapkan Taniah atas Peralihan Status dan dilantiknya Rektor pertama Institut Agama Islam Rokan.

"Dalam kurun waktu lebih 20 tahun berdirinya Sekolah Tinggi Agama Islam Rokan (STAI-Rokan) telah mencetak seribu lebih alumni dan ini menjadi modal perkembangan dan kemajuan Rokan Hilir dan trend yang positif,"Tuturnya.

H.Khairul,S,Ag menyampaikan,"Saat ini Kabupaten Rokan Hilir telah memiliki dua Institut Agama Islam yaitu satu Aswaja di Kecamatan Kubu dan saat ini yang baru Institusi Agama Islam Rokan (IAIR), (Ndri)

 

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ