Danramil 0321-06/TM Rohil Sosialisasikan Netralitas TNI dan Analisa Intelejen Kerawanan Menjelang Pemilu

Senin, 05 Februari 2024 - 15:09:28 WIB Cetak

TANJUNG MEDAN -- Danramil 0321-06/TM Rohil, Kapten Inf Ujang Z memberikan sosialisasi netralitas TNI dan analisa inteljen kerawanan menjelang pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Makoramil 0321-06/TM Rohil pada Senin (5/2/2024) itu diikuti oleh seluruh jajaran Babinsa Koramil 0321-06/TP Rohil dan Keluarga Besar Tentara (KBT).

Sosialisasi ini mengusung tema "Melalui Pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilu, Pilkada dan Pilpres Kita Wujudkan Profesionalisme TNI dengan bersikap Netral dalam penyelenggaraan Pemilu, Pilkada dan Pilpres serta senantiasa mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu, Pilkada dan Pilpres yang luber dan jurdil di seluruh wilayah NKRI".

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara Sip yang dikonfirmasikan melalui Danramil 06/TM, Kapten Inf Ujang Z membenarkan kegiatan tersebut.

" Ya hari ini kita melaksanakan sosialisasi netralitas TNI dalam pemilu, Pilpres dan Pilkada di wilayah teritorial Koramil 0321-06/TM Rohil," ujarnya.

Danramil juga mengatakan, bahwa kampanye terbuka masih terus berlangsung, untuk itu para Babinsa yang ada di wilayah selalu waspada.

"Apabila ada undangan di luar instansi kedinasan yang bersifat mendukung salah satu Paslon baik Pileg, Pilkada dan Pilpres sesuai amanat Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004" pasal 39 dan UU No. 28 tahun 2008 ayat 1 dan 2 yang menyatakan Prajurit TNI tidak boleh berpolitik praktis," ujarnya.

Setiap Prajurit, tegas Danramil wajib menjaga netralitas TNI pada Pemilu, Pilkada dan Pilpres serta tidak terlibat aktif dalam kampanye, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Selain itu juga tidak menghadiri kegiatan yang bersifat penggalangan suara, dan dilarang memberikan fasilitas apapun kepada pihak yang sedang melaksanakan kampanye.

"Selain itu, seluruh prajurit TNI dan keluarga selalu bijak mengunakan medsos serta jangan memberikan komentar apapun kepada paslon manapun, sehingga tidak di manfaatkan oknum lain yang tidak bertanggung jawab yang digulirkan kepada pihak," pungkas Kapten Inf Ujang Z. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ