UPT 1 Disdukcapil Rokan Hilir Laksanakan Kegiatan Jemput Bola Rekam KTP-el Di SMA Negeri 3 Bagan Sinembah Raya

Kamis, 01 Februari 2024 - 11:55:28 WIB Cetak

BASIRA-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir melalui UPT Wilayah 1 (Satu) meliputi wilayah empat (4) Kecamatan Bagan Sinembah,Balai Jaya, dan Bagan Sinembah Raya, Simpang Kanan,kembali gelar program Jebol (Jemput Bola) rekam KTP-el dan pembuatan Indetitas Kependudukan Digital (IKD) di SMA negeri 3 Basira.Kamis (01/02/2024).

Kegiatan Rekaman KTP-el di sekolah SMA Negeri 3 Bagan Sinembah Raya di laksanakan dalam rangka memfasilitasi pelajar  SMA yang telah berumur 17 tahun.

Selain perekaman wajib KTP tim UPT Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Wilayah I (satu) juga melakukan perekaman KTP-el pemula yang merupakan kategori perekam sebelum umur 17 tahun.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala UPT Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Wilayah 1(Satu) Darsono Subekti,S.Ap,M.SI saat pelaksanaan perekaman di SMA negeri 1 Bagan Sinembah Raya.

"Melalui program Jebol (jemput bola) Belacan Sedap (Beri Pelayanan cepat semua dokumen administrasi kependudukan) memberikan pelayanan maksimal untuk warga Kabupaten Rokan Hilir memudahkan melakukan perekaman terkhusus untuk adek-adek pelajar yang notabennya pemula,"terangnya

Ianya juga percaya dengan hadirnya UPT 1 meliputi Wilayah 4 kecamatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sangat berdampak positif terhadap masyarakat Rokan Hilir.

"Mungkin selama ini dalam pengurusan KTP-el dan dokumen lainya,terkendala waktu yaitu jarak tempuh yang cukup jauh ke ibukota Kabupaten Bagan Siapi-api tapi sekarang dengan hadirnya UPT 1 semua bisa menjadi lebih cepat dan gampang karena jarak tempuh menjadi dekat,"terangnya.

Darsono juga menerangkan Program ini sebagai wujud komitmen Bupati Kabupaten Rokan, Afrizal Sintong,S,AP,M.Si melalui Kadisdukcapil dan UPT 1 Wilayah 4 Kecamatan dalam meningkatan pelayanan untuk masyarakat.

"Seluruh masyarakat Rokan Hilir memiliki hak yang sama dalam pelayanan terlebih para pemula harus mendapatkan edukasi dan sosialisasi pentingnya dokumen diri terlebih menjelang pemilu pelajar atau biasa disebut pemula 17 tahun wajib memiliki KTP-el,"tuturnya

Sebelum mengakhiri pembicaraan Kepala UPT 1 Disdukcapil Rokan Hilir Darsono Subekti, S.AP, M.Si Meliputi 4 Kecamatan menerangkan selain perekaman saat ini juga membuatkan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

"Dengan memiliki IKD nantinya masyarakat akan merasakan manfaatnya kedepanya tidak perlu lagi membawah fisik KTP-el dalam mendapatkan pelayanan publik,"terangnya.

Dilanjutkan"Seperti saat ini Kita buatkan Indetitas Kependudukan (IKD) kepada majelis guru yg ada di sekolah SMA Negeri 3 Bagan Sinembah Raya, dan jika nantinya Pihak-pihak sekolah atau pun Kepenghuluan dan Kecamatan yang meliputi wilayah UPT 1 Disdukcapil pelajar maupun masyarakatnya belum melakukan rekaman silakan koordinasi dengan kami dan sesuai dengan slogan kami Jebol Belacan Sedap(Jemput Bola Beri Pelayanan cepat semua dokumen administrasi kependudukan) Kami akan agendakan langsung,"Pungkasnya (Ndri)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ