Pengamalan Pancasila, Babinsa Koramil 0321-03/Bgs Rohil Berikan Materi Wawasan Kebangsaan ke SMA Negeri 1

Sabtu, 27 Januari 2024 - 11:06:54 WIB Cetak

BAGANBATU -- Babinsa Koramil 0321-03/Bgs Rohil, Serda D Halawa melaksanakan kegiatan pemberian materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan pemahaman bela negara kepada peserta didik di SMA Negeri 1 Bagan Sinembah.

Kegiatan pemberian materi PBB dan Wasbang tersebut dalam rangka untuk mengamankan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda bangsa khususnya di SMA Negeri 1 Bagan Sinembah, Sabtu (27/1/2024).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 03/Bgs, Kapten Inf M Manurung mengatakan, pelatihan PBB dan Wasbang yang diberikan kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Bagan Sinembah dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan, menanamkan disiplin dan membentuk karakter siswa/siswi sejak dini, sehingga dapat membentuk generasi bangsa yang berkualitas.

“Dengan adanya pengamalan Pancasila dengan latihan PBB ini, diharapkan akan tertanam jiwa kedisiplinan pada siswa/siswi, agar nantinya mereka akan berhasil dalam meraih cita-cita yang diinginkan,” katanya.

Lebih lanjut lagi Danramil menjelaskan, bahwa latihan PBB ini juga untuk memantapkan karakter bangsa dan pendidikan, serta untuk menanamkan rasa tanggungjawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 1945.

“Dengan cara ini, diharapkan mereka akan makin mampu meningkatkan rasa nasionalisme dan memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas sekolah,” pungkas Danramil.

Pada era globalisasi ini peran nilai-nilai Pancasila sangat penting untuk tetap menjaga eksistensi kepribadian bangsa Indonesia. Dengan adanya globalisasi, batasan diantara negara seakan tak terlihat, sehingga berbagai kebudayaan asing dapat masuk dengan mudah ke dalam masyarakat.

" Keterlibatan TNI dalam masa pengenalan lingkungan sekolah tersebut merupakan implementasi MoU antara Panglima TNI dan Kemendikbud dalam rangka penguatan pendidikan karakter siswa guna menangkal paham radikalisme di kalangan siswa itu sendiri serta menumbuhkan nilai-nilai ideologi Pancasila sejak dini," tegas Kapten Inf M Manurung. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ