Personel Koramil 0322-06/TM Rohil Lakukan Pengecekan Debit Air Danau Napangga

Ahad, 07 Januari 2024 - 15:34:25 WIB Cetak

TANJUNG MEDAN --- Waspada banjir di musim hujan, Babinsa Koramil 0321-06/TM Rohil melakukan pengecekan langsung debit air di Danau Napangga yang terletak di Kepenghuluan Tanjung Medan kecamatan Tanjung Medan.
Dimana pengecekan  pemantauan Filescale atau Papan meteran duga air milik Kementrian PUPR ini dilakukan oleh Babinsa Koramil 0321-06/TM yang dipimpin oleh Peltu Lukas Joko Aprilanto yang didampingi oleh Bapak Herman pada Ahad (7/1/2024).

Dimana, berdasarkan pemantauan dan pengecekan Papan Filescal atau meteran duga air disebutkan, bahwa debit air normal Danau Napangga itu175 centimeter, sementara kondisi saat sekarang mencapai 322 centimeter atau dalam artian naik sekitar 147 centimeter.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 06/TM, Kapten Inf Ujang Z membenarkan adanya kegiatan pemantauan dan pengecekan tersebut.

" Ya, hal ini kita lakukan untuk mengetahui kondisi debit air yang ada didalam Danau Napangga tersebut, khususnya disaat musim penghujan sekarang ini," ujarnya.

Dimana, lanjut Danramil lagi bahwa air yang masuk kedalam Danau Napangga tersebut adalah berasal dari aliran Sungai Sindur, Sungai Daun dan juga Sungai Batang Kumuh

" Sementara hilir sungai dari Danau Napangga tersebut adalah Sungai Rokan. Dan kita ketahui bahwa saat ini air dialiran sungai tersebut sudah meluap karena intensitas hujan akhir-akhir ini sangat tinggi," terang Danramil.
Menurut Danramil pengecekan debit air Danau Napangga dilakukan guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir yang dapat merendam pemukiman warga bahkan lebih extreme dapat menelan korban akibat curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini dan tidak menutup kemungkinan air kiriman dari hulu sungai.

“Dengan adanya pengecekan ini kita dapat mengetahui apakah naiknya debit air ini akibat dari curah hujan ataupun air kiriman dari hulu-hulu sungai,” tegas Kapten Inf Ujang Z. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ