Mulai Surut, Koramil 06/TM Tetap Tingkatkan Pemantauan dan Pengawasan Warga

Rabu, 03 Januari 2024 - 19:28:00 WIB Cetak

PUJUD --- Personil Koramil 06/TM harus berjibaku menembus genangan air yang disebabkan oleh musibah banjir yang melanda dua kecamatan, yakni kecamatan Pujud dan kecamatan Tanjung Medan.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 06/TM, Serda Serda Irfan Siregar yang pada hari Rabu (3/1/2024) melaksanakan peninjauan Banjir di kepenghuluan Air Hitam, kecamatan Pujud.

Selain melakukan pemantauan, Babinsa juga melakukan koordinasi dengan aparat pemerintah kepenghuluan Air Hitam.

Dimana, banjir yang disebabkan oleh meluapnya aliran sungai Rokan tersebut melanda Dusun 1 Air Hitam, Dusun 2 Air Hitam, Dusun 3 Air Hitam, dan banjir ini juga menyebabkan setidaknya 418 Kepala Keluarga (KK).

Kerja keras serupa juga ditunjukkan oleh Babinsa Koramil 06/TM, Serda Boyke Lingga juga melakukan kegiatan serupa di kelurahan Pujud Selatan kecamatan Pujud.

Dimana, ketinggian air yang disebabkan meluapnya aliran sungai Batang Kumuh ini melanda di kelurahan Pujud Selatan ini kisaran 35-60 centimeter yang terjadi di 9 RT  dengan total yang terdampak 112 Kepala Keluarga (KK).

Banjir juga terjadi di wilayah kecamatan Tanjung Medan, khususnya didaerah yang terltak didataran rendah.

Hal ini membuat Babinsa Koramil 06/TM,  Serda Purwanto melakukan pemantauan di kepenghuluan Tanjung Medan.

Luapan air Sungai Sindur ini menyebabkan ketinggian air mencapai kisaran 60-90 centimeter dan melanda RT 02 RW 01, RT 02 RW 01, RT 02 RW 02 Dusun Meranti Kabung.

Dan tingginya intensitas hujan yang mengguyur sejak beberapa hari terakhir juga berdampak pada meluapnya air di aliran sungai Daun yang ada di kepenghuluan Tanjung Medan Barat.

Bersama dengan Pjs Datuk Penghulu Tanjung Medan Barat, Salman Alfarisi Siringoringo, Sekdes, Kepala Dusun dan Ketua RT, Babinsa Koramil 06/TM, Peltu Lukas Joko Aprilanto langsung terjun melakukan pemantauan.

Dari pemantauan itu diketahui, bahwa ketinggian air masih mencapai 5-15 centimeter dan menggenangi rumah warga dan perkebunan warga di Dusun Bagan Ubi. 

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 06/TM, Kapten Inf Ujang Z membenarkan kegiatan tersebut.

" Sejauh ini banjir yang terjadi diwilayah teritorial Koramil 06/TM sudah menyebar sampai ke daerah kecamatan Tanjung Medan khsusnya didaerah yang dataran rendah  dan kecamatan Pujud," ujarnya.

Dimana, lanjut Danramil lagi banjir tersebut terjadi akibat tingginya curah hujan yang terjadi sejak beberapa hari terakhir serta adanya banjir kiriman dari daerah kabupaten Rokan Hulu.

" Ada beberapa sungai yang memang tidak mampu menampung penambahan volume air, sehingga sungai-sungai tersebut meluap dan akhirnya menyebabkan banjir disejumlah kepenghuluan dan kelurahan yang ada di dua kecamatan itu. Tapi, Alhamdulillah untuk hari ini tidak ada hujan dan ketinggian air juga sudah mulai berkurang atau surut, " terang Danramil.

Kendati demikian dirinya juga tetap menghimbau kepada semua warga untuk tetap meningkatkan waspada untuk mengantisipasi meningkatnya ketinggian air.

" Kita tetap melakukan pemantauan dan pengawasan sekalian memberikan himbauan untuk waspada atau berjaga-jaga jika air bertambah naik. Hal ini disebabkan curah hujan masih tinggi," himbau Kapten Inf Ujang Z. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ