Sungai Rokan Meluap, Babinsa Koramil 02/TP Kembali Sigap Lakukan Pemantauan

Senin, 01 Januari 2024 - 11:56:19 WIB Cetak

UJUNGTANJUNG -- Tingginya curah hujan yang mengguyur sejumlah daerah menyebabkan ketidakmampuan sungai menampung volume air yang ikut meningkat.

Hal ini terbukti dengan meluasnya aliran sungai Rokan kecamatan Tanah Putih yang pada akhirnya menyebabkan halaman dan teras rumah warga, sekolah dan musholla yang ada di Kepenghuluan Ujung Tanjung  menjadi terendam.

Dan menyikapi hal itu Babinsa Koramil 03/TP, Serda Nopi Ari Wibowo langsung turun ke desa binaannya untuk melakukan pemantauan sekaligus peninjauan.

Dari peninjauan itu diketahui bahwa air telah menggenangi sejumlah wilayah yang meliputi RT 04 RW 02 Dusun Terminal kepenghuluan Ujung Tanjung dengan total rumah yang bagian halaman dan terasnya terendam mencapai kisaran 104 Kepala Keluarga (KK).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati  menyebutkan, bahwa banjir yang terjadi di kepenghuluan Ujung Tanjung  disebabkan oleh tingginya curah hujan.

" Ya, akibat tingginya curah hujan menyebabkan aliran sungai Rokan menjadi meluap dan akhirnya airnya menggenang rumah warga yang ada di kepenghuluan Ujung Tanjung  tersebut," ujarnya.

Sementara itu untuk aktivitas warga menurut Danramil sampai saat ini masih berjalan normal.

" Untuk aktivitas warga masih normal dan seperti biasanya. Karena banjir hanya menggenangi bagian halaman dan teras rumah saja," terangnya kembali.

Selain halaman, menurut Danramil banjir juga sudah merendam perkebunan milik warga. " Sehingga untuk mengambil hasilnya sulit," ungkap Kapten Cba (K) Karnilawati kembali.

Dalam kesempatan itu Danramil juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat khususnya yang tinggal disekitaran bantaran sungai untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan selalu berhati-hati.

" Intinya, kita terus melakukan pemantauan banjir dilapangan sekaligus menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati mengantisipasi adanya banjir susulan, jika hujan kembali turun, " himbau Kapten Cba (K) Karnilawati. 

Dan untuk sejauh ini Danramil juga menyebutkan, bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah setempat untuk segera membentuk tim tanggap darurat banjir.

" Kita juga berkordinasi dengan aparat pemerintah setempat untuk membentuk Tim tanggap darurat banjir mengingat kondisi volume air di aliran sungai Rokan saat ini masih naik," tegas Kapten Cba (K) Karnilawati. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ