Danramil 02/TP Hadiri Rakor Bersama Timpora

Kamis, 07 September 2023 - 11:31:53 WIB Cetak

UJUNGTANJUNG -- Komandan Rayon Militer (Danramil) 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati ikut menghadiri kegiatan rapat  koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora).

Acara tersebut mengusung tema Strategi Pengawasan Orang Asing Diwilayah Kerja Kemenkumham Riau Menggunakan Aplikasi Lancang Kuning Imigrasi Riau dan kegiatan ini dilaksanakan di Aula hotel Bit Ujung Tanjung kecamatan Tanah Putih, Kamis (7/9/2023).

Hadir dalam kegiatan itu, Agus Susdamanjanto (Pembina), Dedy Pryanto Turnib (Penata), RH.Hasibuan (Penata), Muriana Noor (Penata), Yendra Acici (Penata Muda), M.Idris (Penata Muda), Danramil 0321-02/TP Kapten Cba (K) Karnilawati, Kapolsek Tanah Putih Kompol Daud Sianturi, Kapolsek TPT.Melawan Iptu B.Ginting, Camat Tanah Putih di wakili Sekcam, Camat TPT.Melawan Bpk Zuhri, Penghulu Melayu Besar, Lurah Banjar XII, Penghulu Teluk Mega.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati mengatakan pengawasan WNA harus dioptimalkan guna mengantisipasi banyaknya turis yang datang ke Rokan Hilir khususnya diwilayah Koramil 02/TP.

"Posisi di pesisir timur Sumatera, garis pantainya panjang. Ada sejumlah oknum memanfaatkannya sebagai jalur masuk imigran ilegal yang harus diwaspadai," tegasnya.

Ditambahkan dia, Rokan Hilir juga sejauh ini perlahan sudah menjelma menjadi kota sehingga pertumbuhan penduduk dan pendatang cukup tinggi di kota ini.

Kegiatan pengawasan orang asing merupakan prioritas utama bagi jajaran Imigrasi namun demikian hal tersebut tidak akan berjalan secara optimal apabila hanya dilakukan oleh instansi Imigrasi saja.

"Untuk mewujudkan optimalisasi dan efektifitas kegiatan pengawasan orang asing, maka diperlukan suatu kegiatan koordinasi dengan instansi terkait serta unsur dari masyarakat," katanya.

Koordinasi pengawasan orang asing merupakan suatu wadah untuk saling tukar informasi mengenai keberadaan dan kegiatan orang asing dan juga upaya menyatukan persepsi dalam pelaksanaan kegiatan dari masing-masing instansi guna untuk mencapai tujuan yang sama.

"Maksud dan tujuan diselenggarakannya Rapat Koordinasi pengawasan Orang Asing ini sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan peningkatan ketertiban dan stabilitas keamanan di daerah dalam rangka mengantisipasi pengaruh negatif dari keberadaan dan kegiatan orang asing, pertukaran informasi dan inventarisasi permasalahan secara menyeluruh sehubungan dengan keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah tersebut," terang dia lagi. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ