Danramil 03/Bgs Hadiri Penyuluhan 4 Pilar Bersama Kesbangpol dan Camat

Selasa, 05 September 2023 - 14:03:34 WIB Cetak

BASIRA -- Danramil 03/Bgs, Kapten Inf M Manurung selain menghadiri juga turut menjadi narasumber menyajikan materi dalam kegiatan  penyuluhan 4 Pilar yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika kebangsaan kepada Datuk Penghulu, Lurah dan masyarakat se-kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor Camat Basira pada Selasa (5/8/2023) juga dihadiri oleh Camat Basira, Baijuri Spd, Kapolsek Bagan Sinembah, Kabid Pengpolmas Rohil, Datuk Penghulu dan Lurah serta tokoh masyarakat se-kecamatan Basira.

Dalam kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini Danramil juga menyebutkan bahwa sangat penting terutama dalam memahami proses sejarah lahirnya Pancasila.

Sebab, memahami isi dan sejarah Pancasila adalah syarat dalam mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari di daerahnya, sebab jika memahami betul nilai-nilai luhur bangsa maka mereka akan bijak apabila kelak mereka menjadi pejabat publik.

Menurut Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 03/Bgs, Kapten Inf M Manurung bahwa dalam sosialisasi konstitusi, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Bangsa Indonesia tetap penting menjaga negara yang kokoh dan eksis.


" Upaya sosialisasi semakin penting untuk menangkal paham radikal baik yang bersumber dari paham fundamentalisme maupun pasar yang akan mengganggu keharmonisan serta memecah belah NKRI," ujarnya.

Dan selain itu, lanjut Danramil lagi mempelajari dan memahami Pancasila juga adalah tanggung jawab bersama segenap elemen bangsa Indonesia.

" Untuk tidak hanya sekedar memahami Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara tanpa meluruskan sejarah dari Pancasila itu sendiri," pungkas Danramil. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ