Cegah PMK, Babinsa Koramil 02/TP Tingkatkan Pengecekan Ternak Warga

Kamis, 10 Agustus 2023 - 12:20:33 WIB Cetak

MANGGALA SAKTI -- Anggota Koramil 02/TP, Sertu Ruswadi kembali melaksanakan pengecekan hewan kurban dan peternak sapi, di Kepenghuluan Manggala Sakti kecamatan Tanah Putih.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (10/8/2023) itu dilakukan dengan tujuan untuk memantau kesehatan ternak warga binaannya dari ancaman wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati mengungkapkan, bahwa setelah dilakukan pengecekan pihaknya tidak menemukan indikasi PMK.

" Namun demikian,kita juga selalu mengingatkan kepada seluruh warga khususnya pemilik ternak baik kambing maupun sapi agar tetap melakukan pemeriksaan terhadap ternaknya masing-masing," ujarnya.

Dan jika ditemukan, dirinya meminta warga agar segera melaporkan sedini mungkin kepada petugas ketika ditemukan gejala PMK, agar dilakukan penanganan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar.

Menurutnya, selain melaksanakan tugas pokok sehari-hari, seluruh Babinsa ditugaskan untuk membantu melakukan pencegahan penyebaran PMK.

"Selain imbauan dan penyemprotan juga dilaksanakan vaksinasi, seperti yang sudah dilakukan di beberapa daerah, guna mempercepat penanganan PMK,” tambahnya. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ