Pencanangan Satu Juta Pohon, Koramil 03/Bgs Laksanakan Pembibitan Aren

Senin, 07 Agustus 2023 - 11:29:15 WIB Cetak

BAGANBATU -- Dalam rangka mensukseskan serta mendukung program penanaman Sejuta Pohon, untuk itu Koramil 03/Bgs mulai melaksanakan kegiatan pembibitan pohon aren.

Program sejuta pohon aren ini dimulai di Bagan Batu kecamatan Bagan Sinembah sejak dari Senin (7/8/2023) dengan dipimpin oleh Peltu Fuad.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 03/Bgs, Kapten Inf M Manurung  mengatakan, pihaknya menargetkan satu juta pohon aren ditanam di wilayah teritorial Koramil 03/Bgs.

"Untuk awal di wilayah Koramil 03/Bgs, nantinya akan ditanam di beberapa desa yang kontur tanahnya cocok untuk tumbuhnya pohon aren," kata Danramil.

Mengapa memilih pohon aren? Danramil mengatakan pohon aren merupakan pohon yang multy fungsi. Selain pohonnya bisa digunakan untuk masyarakat, keberadaan pohon ini juga menjadi cadangan air serta penahan longsor bagi tanah miring.

"Sangat multy fungsi. Akarnya jadi obat, air aren jadi gula jawa, buahnya jadi kolang kaling. Daun bisa jadi atap. Kami akan kejar target sejuta pohon aren bisa ditanam di daerah kita," katanya.

Danramil berharap program Sejuta Pohon Aren ini bisa dimanfaatkan baik oleh masyarakat. Program ini, katanya lagi juga sebagai upaya mendukung pelestarian hutan dan lingkungan.

"Ada pohon yang boros menyerap air, kalau pohon aren ini tidak. Semoga bisa memberikan manfaat lebih untuk masyarakat," katanya. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ