Koramil 02/TP Amankan Peresmian Tajak Sumur Gulamo Eksplorasi Migas Non Konvensional

Kamis, 27 Juli 2023 - 13:10:28 WIB Cetak

SEKELADI -- Personil Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil yang dipimpin oleh Pelda Suyaka bersama dengan personil Polres Rokan Hilir saling bahu membahu memberikan rasa aman dan nyaman pada acara peresmian Tajak Sumur Gulamo Eksplorasi Migas Non Konvensional (MNK), Kamis (27/7/2023).

Kegiatan yang dipusatkan di kepenghuluan Sekeladi Hilir kecamatan Tanah Putih ini dihadiri langsung oleh Menteri ESDM, Dirjen Migas, Dirut PHR, Gubernur Riau, Menejer BOD, Dandim 0321/Rohil, Kapolres Rohil, Bupati Rohil yang diwakili Sekda, serta tokoh Agama kecamatan Tanah Putih.

MNK merupakan minyak dan gas bumi yang diusahakan dari reservoir tempat terbentuknya minyak dan gas bumi dengan permeabilitas yang rendah (low permeability). Rencananya, Pertamina, melalui PHR akan melakukan tajak sumur perdana MNK menjelang akhir bulan Juli ini. 

Perbedaan utama eksplorasi migas konvensional dengan eksplorasi MNK terletak pada lokasi minyak di lapisan bumi. Migas konvensional lebih mudah terlihat karena letaknya tidak terlalu dalam dari permukaan. Sedangkan MNK berada di lapisan yang lebih dalam. 

Berbeda dengan migas konvensional, MNK adalah hidrokarbon yang terbentuk dan terkekang pada batuan reservoir klastik (pecahan batuan dan sisa-sisa kerangka organisme yang telah mati) yang berbutir halus dan permeabilitas (kemampuan bebatuan untuk meloloskan partikel) rendah di dalam zona kematangan yang hanya bernilai ekonomi apabila diproduksikan melalui pengeboran horizontal dengan teknik stimulasi multi-stage hydraulic fracturing.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasi melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati mengatakan, bahwa pihaknya bersama dengan Polres Rohil ikut serta menjaga keamanan selama kegiatan berlangsung.

" Ya,  intinya TNI dan Polri sama-sama dilokasi dengan tujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman sepanjang kegiatan peresmian berlangsung, " jelas Danramil.

Menurut Danramil, bahwa dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan akan dapat memberikan efek positif bagi perkembangan kecamatan Tanah Putih khususnya dan kabupaten Rokan Hilir umumnya.

" Inilah yang diperlukan dalam teknologi dan investasi untuk mengembangkan sumber daya MNK. Oleh karena itu diperlukan tahapan eksplorasi, appraisal, termasuk pilot dan demonstrasi yang terintegrasi dan terencana dengan baik,” katanya lagi. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ