Personil Koramil 02/TP dan Polsek Pujud Mediasi Perseteruan Bongkar Muat SPSI

Sabtu, 15 Juli 2023 - 12:28:50 WIB Cetak

TANJUNG MEDAN -- Munculnya perseteruan persoalan bongkar muat antar kubu Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) yang ada di PKS PT Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS), untuk itu pada Jumat (14/7/2023) personil Koramil 02/TP dan Polsek Pujud langsung turun kelokasi untuk melakukan monitoring sekaligus melakukan mediasi.

Adapun personil Koramil 02/TP yang turun ke lokasi dipimpin oleh Praka SC Simanjuntak dan dari Polsek dipimpin oleh Iptu Syahril serta dari Kodim 0321/Rohil, Serka Yudi Siswanto Sarli.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIp yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati membenarkan adanya kegiatan tersebut.

" Ya kemarin (Jumat, Red) kita melaksanakan giat monitoring aktivitas PUK F. SPPP-SPSI PKS PT Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS) terkait adanya percobaan pengambilalihan giat bongkar muat dari PUK F.SPPP - SPSI PKS PT Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS) yang dilakukan oleh PUK SPTI - SPSI yang diketuai oleh Sintong Sinaga, " jelasnya.

Kegiatan itu,  lanjut Danramil lagi dilakukan di PKS PT. Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS) yang terletak di jalan Lintas Tanjung Medan - Mahato KM 01 Kepenghuluan Sei Meranti Kecamatan Tanjung Medan.

" Kegiatan itu juga dihadiri oleh HRD PT. SSRS, Ahmad Julius, perwakilan SPSI pimpinan H Fuad yang diwakili oleh J Simanjuntak, perwakilan SP3 pimpinan Ompusunggu diwakili Luis Nainggolan serta massa antara kedua belah pihak sekitar 200 orang," terangnya kembali.

Menurut Danramil,  bahwa sekira pukul 10.00 Wib rombongan PUK SPTI - SPSI yang diketuai oleh Sintong Sinaga mendatangi PKS PT Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS) untuk memiminta pekerjaan kemudian dihalau oleh rombongan PUK F.SPPP - SPSI PKS PT Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS) yang diketuai oleh Abdi Siregar.

Dan sekira pukul 11.10 Wib Ketua dari PUK SPTI - SPSI, Sintong Sinaga ditemui oleh Ketua dari PUK F.SPPP - SPSI PKS PT. Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS), Abdi Siregar dan meminta agar anggota dari PUK SPTI - SPSI yang diketuai oleh Sintong Sinaga untuk mundur.

" Sekira pukul 11.15 Wib dilakukan pertemuan antara PUK SPTI - SPSI yang diketuai oleh Sintong Sinaga dengan PUK F.SPPP - SPSI PKS PT. Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS) yang diketuai oleh Abdi Siregar di Warung Kusnan depan PKS PT. Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS)," ungkapnya.

Danramil juga menyebutkan, bahwa sekira pukul 12.00 Wib rombongan PUK SPTI - SPSI yang diketuai oleh Sintong Sinaga membubarkan diri dan menunggu perwakilan dari DPC SPTI - SPSI Kabupaten Rohil dari Bagan Batu datang ke PKS PT. Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS) untuk mempertanyakan kepada pihak perusahaan terkait Kerja Sama dengan perusahaan.

" Dan sekira pukul 13.00 Wib bertempat di warung Aprizal Lubis dilakukan koordinasi dengan Ketua PUK SPTI - SPSI Sdr. Sintong Sinaga dan mengatakan bahwa dari PUK SPTI - SPSI masih menunggu perwakilan dari DPC SPTI - SPSI Kabupaten Rohil," ujarnya lagi.

Sekira pukul 16.30 Wib bertempat di ruang pertemuan Kantor PKS PT. Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS) telah dilakukan pertemuan antara perwakilan DPC SPTI - SPSI Kabupaten Rohil dengan manajer PKS PT. Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS).

Dari pertemuan itu, pertama disampaikan oleh Wakil Sekretaris DPC SPTI - SPSI Kabupaten Rohil J Simanjuntak, yang mana maksud dan tujuan dari DPC SPTI - SPSI Kabupaten Rohil ingin melakukan silaturahmi dan menawarkan kerja sama terkait bongkar muat di PKS PT. Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS).

Terkait kerja sama dengan PUK SPPP - SPSI menurut kami tidak sesuai dengan fungsi tugas dari SPPP - SPSI yang dibidang pertanian perkebunan.

Sementara itu penyampaian dari manajer PKS PT. Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS),  Ahmad menerangkan, bahwa saat ini PKS PT. Sahabat Sawit Rokan Sejahtera (SSRS) memiliki Kontrak kerja bersama dengan PUK SPPP - SPSI dan tidak mungkin memutus kontrak dikarenakan tidak adanya permasalahan antara perusahaan dengan PUK SPPP - SPSI.

" Intinya,  untuk saat Perusahaan belum bisa menerima PUK SPTI - SPSI pimpinan Sintong Sinaga namun untuk permohonan dari DPC SPTI - SPSI akan disampaikan kepada pimpinan perusahaan," tegas Kapten Cba (K)  Karnilawati.

Dan dari pertemuan itu,  lanjut Danramil lagi pihak DPC SPTI - SPSI Kabupaten Rohil dan PUK SPTI - SPSI pimpinan Sintong Sinaga bersedia untuk dilakukan mediasi.

Dari PUK SPTI - SPSI pimpinan Sintong Sinaga akan tetap menjaga situasi Kamtibmas aman terkendali. Dari DPC SPTI - SPSI Kabupaten Rohil akan kembali ke kantornya dan melaporkan kepada Ketua DPC SPTI - SPSI terkait hasil pertemuan hari ini. Dari DPC SPPP - SPSI Kabupaten Rohil dan PUK SPPP - SPSI PKS PT. SSRS akan menjaga situasi tetap aman dan kondusif.

" Mediasi lanjutan akan segera dijadwalkan dengan mengundang pihak-pihak terkait yang berkompeten didalamnya disini adalah pihak Disnaker, Camat, maupun pihak-pihak lainnya," ungkap Kapten Cba (K) Karnilawati. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ