Download our available apps

Pastikan Ternak Kambing Warga Sehat, Babinsa Koramil 0321-02/TP Rohil Komsos Bersama Peternak

UJUNG TANJUNG -- Babinsa yang tergabung dalam kelompok 5 Koramil 0321-02/TP,  Serda Boiran bersama dengan masarakat melaksanakan Kegiatan Pendataan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak Kambing.

Pengecekan dan pendataan PMK terhadap pemilik hewan ternak Kambing bernama Pak Hadi warga kepenghuluan Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih, Rabu (3/7/2024).

Diketahui jenis hewan ternak milik Pak Hadi yang dipelihara adalah jenis Kambing berjumlah 12 ekor, semuanya sudah dilaksanakan pengecekan. Dari hasil pengecekan dan pendataan secara langsung dari Babinsa untuk hewan ternak kambing semuanya dalam kondisi sehat.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati  membenarkan kegiatan tersebut.

Menurut Danramil, penyakit PMK ini menunjukkan gejala demam tinggi selama beberapa hari, tidak mau makan dan terjadi luka/lepuh pada daerah mulut termasuk lidah, gusi, pipi bagian dalam dan bibir.

Selain itu pada keempat kakinya terutama pada tumit, celah kuku dan sepanjang coronary bands kuku atau batas kuku dengan kulit. Luka/lepuh juga bisa terjadi pada liang hidung, moncong dan puting susu.

"Kami berharap kepada peternak hewan agar tetap menjaga kebersihan hewan ternak serta kebersihan kandang, hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” ujar Danramil.

Penyakit mulut dan kuku disingkat PMK ini kata Danramil lagi merupakan penyakit hewan menular yang menyerang hewan berkuku belah baik hewan ternak maupun hewan liar seperti sapi, kerbau, domba, kambing dan jenis hewan berkuku lainnya. Penyakit ini menimbulkan kerugian ekonomi yang sangat tinggi.

" Alhamdulillah, sampai sekarang belum ada ditemukan PMK pada hewan ternak di wilayah teritorial Koramil 0321-02/TP," tegas Kapten Cba (K) Karnilawati. (min)