Download our available apps

Tak Hanya di Kandang, Babinsa Koramil 0321-06/TM Juga Pantau Ternak Warga Saat di Gembala

TANJUNG MEDAN -- Keseriusan jajaran Koramil 0321-06/TM untuk melakukan pencegahan atas penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terus dilakukan.

Kali ini Babinsa Koramil 0321-06/TM, Sertu Edi Saputra saat menampilkan Pengecekan ternak warga yang terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap ternak sapi milik pak Yanto di kepenghuluan Pondok Kresek kecamatan Tanjung Medan, Kamis (20/6/2024).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 06/TM, Kapten Inf Ujang Zakharimansyah membenarkan adanya kegiatan tersebut.

Menurut Danramil, bahwa kehadiran Babinsa dilapangan dalam melakukan pengecekan adalah untuk mendeteksi adanya wabah PMK pada hewan ternak dalam mengantisipasi menyebarnya wabah PMK.

" Intinya, jami ingin melihat dan melakukan pengecekan langsung kepada hewan ternak, seperti hari ini, kami datang ke kandang sapi maupun dilapangan tempat sapi-sapi tersebut di gembala jadi kami ingin memastikan tidak ada gejala maupun ciri-ciri hewan ternak yang terjangkit wabah PMK ini,” ujarnya.

Danramil juga menyampaikan, berdasarkan hasil pemantauannya, beberapa ternak sapi di kandang milik Mukidi masih sehat dan tidak ditemukan gejala wabah PMK.

" Kendati demikian, kita juga tetap menghimbau, bahwa untuk mengantisipasi penyebaran infeksi PMK ini, agar para peternak rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, membersihkan kandang dan juga memberikan disinfektan," terangnya.

" Dan mudah mudahan dengan upaya kita untuk melakukan pencegahan dapat menangkal wabah PMK ini, dan ternak-ternak kita semuanya sehat” pungkas Kapten Inf Ujang Zakharimansyah. (min)