Download our available apps

Wujud Kepedulian, Babinsa Koramil 0321-03/Bgs Rohil Ikut Bersihkan Gulma di Lahan Tanaman Ubi Kayu

BASIRA -- Sebagai wujud kepedulian sekaligus menunjang program pemerintah dalam hal ketahanan pangan, jajaran Koramil 0321-03/Bgs Rohil kembali memberikan pendampingan.

Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0321-03/Bgs Rohil, Serda J Malau yang kembali melaksanakan kegiatan inovatif kerja sama dengab masyarakat produktif tanaman Ubi kayu.

Dimana, dalam kegiatan itu Babinsa mendatangi kebun tanaman ubi kayu seluas 15 hektar yang ada di kepenghuluan Bagan Sinembah kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira), Jumat (17/5/2024).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 03/Bgs, Kapten Inf Khairul Anwar membenarkan kegiatan tersebut.

Menurut Danramil, kehadiran personel Koramil 0321-03/Bgs Rohil itu untuk ikut melakukan pemeliharaan pembersihan rumput dan pengemburan tanah di sekitar tanaman ubi kayu milik warga binaannya.

" Kita mendukung penuh program ketahanan pangan yang dilakukan oleh warga binaan kita. Dimana, sejauh ini perkembangan pertumbuhan tanaman relatif baik," ujarnya.

Ubi kayu atau singkong menurut Danramil merupakan salah satu tanaman pangan sumber karbohidrat selain jagung dan padi. Budidaya tanaman ubi kayu juga untuk mewujudkan ketahanan pangan dimasyarakat.

" Untuk mendapatkan hasil atau produksi maksimal dalam penanaman singkong, harus diperhatikan dalam penyiapan lahan, pemilihan bibit yang baik, jarak tanam, penyiangan rumput hingga pemupukan dengan waktu yang tepat," terangnya kembali.

" Selain itu, petani juga harus memperhatikan masa pemeliharaan dengan menggemburkan tanah dan penyemprotan rumput dengan tidak terlambat sehingga pertumbuhan tanaman tidak terhambat,” ujar Kapten Inf Khairul Anwar. (min)