Download our available apps

Minimalisir Kebakaran, Koramil 0321-02/TP Rohil Kembali Komsos dan Patroli Karhutla

RANTAU KOPAR -- Dalam rangka untuk meminimalisir terjadinya kebakaran, para personel Koramil 0321-02/TP Rohil kembali menggandeng warga masyarakat saat melaksanakan kegiatan Komsos sekaligus melakukan pembinaan dan pemantauan perkembangan terhadap desa binaannya, khususnya disaat datangnya musim panas atau musim kemarau.

Kali ini para personel TNI ini menyasar disekitar perkebunan sawit dan belukar yang ada di sekitar kepenghuluan Bagan Cempedak kecamatan Rantau Kopar, Kamis (28/3/2024).

Dan kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk menekan dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), jajaran Koramil 0321-02/TP Rohil kembali menyisir kawasan perkebunan dan semak belukar untuk melakukan kegiatan patroli wilayah.

Dengan menggandeng warga masyarakat, Babinsa Koramil 0321-02/TP Rohil itu selain melakukan pemantauan titik api dan sosialisasi dilakukan juga tentang larangan Karhutla, serta melakukan himbauan kepada warga masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Dengan dilakukan patroli ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan khususnya di wilayah desa binaan, serta diharapkan juga peran masyarakat dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati menerangkan bahwa kegiatan patroli ini dilakukan sebagai bentuk sinergitas antara TNI dan warga masyarakat dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Danramil mengharapkan dengan dilakukan patroli terpadu dan juga himbauan kepada masyarakat dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

" Tentu saja semua itu sangat perlu dukungan dan peran serta dari seluruh instansi terkait, serta para tokoh masyarakat dan seluruh elemen lapisan masyarakat, sehingga daerah kita terbebas dari karhutla," ungkap Kapten Cba (K) Karnilawati.

Selain itu Danramil juga meminta kepada seluruh warga masyarakat untuk ikut meningkatkan pemantauan dan pengawasan terhadap kebun-kebun kelapa sawit.

" Demikian juga dengan para pemancing, hendaknya diawasi dan diingatkan agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, " pungkas Kapten Cba (K) Karnilawati. (min)