Babinsa Koramil 02/TP Kembali Dampingi Petani Rawat Demplot Cabai Rawit

Senin, 30 Januari 2023 - 13:38:15 WIB

CEMPEDAK RAHUK -- Babinsa Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil, Sertu Suparman pada Senin (30/1/2023) kembali melaksanakan pendampingan ketahanan pangan, khususnya cabe.

Kali ini Babinsa Koramil 02/TP mendatangi petani cabe merah, Bapak Yono yang memiliki lahan tanaman cabe merah dan akan ditanam dilahan pertanian seluas 1 rante yang terletak di kelurahan Cempedak Rahuk kecamatan Tanah Putih.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati mengatakan,  bahwa cabe merah adalah merupakan salah satu komoditas pertanian paling atraktif.

Pada saat-saat tertentu, harganya bisa naik berlipat-lipat. Pada momen lain bisa turun hingga tak berharga. Hal ini membuat budidaya cabe merah menjadi tantangan tersendiri bagi para petani.

" Dengan perawatan yang optimal pohon cabe merah akan tumbuh subur. Berbuah lebat sesuai dengan harapan para petani,” jelasnya.

Perkembangan tanaman saat ini sudah berumur lebih kurang 2,5 Bulan, sekarang sedang melaksanakan pemupukan dan penyiangan secara rutin.

Lambatnya perkembangan tanaman Cabe disebebkan karena tidak turunnya hujan dalam beberapa bulan belakangan ini,”imbuhnya.

Sebab itu, Babinsa akan terus mengawal sampai tiba musim panen, sehingga program pemerintah dan Pemberdayaan Prajurit Masyarakat Produktif terkait swasembada pangan akan tercapai. (min)