Kapolsek Lima Puluh Sambangi Masyarakat Sail, Untuk Silahturahmi Dan Curhat

Kamis, 19 Januari 2023 - 15:06:34 WIB

Penyerahan alat pendukung untuk ronda malam senter dan jas hujan oleh Kapolsek Lima Puluh kepada Ketua RW 03 , sekaligus fhoto bersama

PEKANBARU - Silahturahmi dan Curhat warga kepada Kapolsek Lima Puluh serta jajaran bersama tokoh tokoh masyarakat, yang di fasilitasi oleh Camat Sail dan Lurah Sukamulia, dengan titik kumpul di Lapangan Bola Kelurahan Sukamulia Jalan Hang Jebat pada Kamis (19/01/2023).

Tampak hadir Camat Sail Fachruddin Panggabean, S.Sos, M.Ap, Kapolsek Lima Puluh Kompol Dany Andhika  Karya Gita, S.Ik, MH, Lurah Sukamulia Azwar, SH, Pengawas Pemilu Kecamatan Sail Jannati Aulah, M.Si, para RW, RT dan Babinkamtibmas se Kecamatan Sail.

Acara yang dipandu oleh RW 03 Kelurahan Sukamulia Amiruddin, terlihat begitu hangat, semua yang hadir nampak antusias mendengar arahan arahan dari Kapolsek dan Camat, sambil menyantap hidangan sarapan pagi yang telah tersedia.

Kapolsek sangat fokus mengangkat isu isu gangguan Kamtibmas dalam wilayah kerjanya, terutama yang lagi Viral mengenai "Gank Motor," yang saat ini sangat meresahkan dan menjadi momok menakutkan dikalangan masyarakat Pekanbaru.

"Hari ini saya menunaikan janji saya kepada masyarakat Sail untuk membantu peralatan bagi penjaga malam dalam menunjang kelancaran tugasnya dimalam hari", ungkapnya 

"Kamtibmas sebenarnya bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat saja, namun lebih kepada semua komponen yang ada dimasyarakat, seperti kita ketahui bersama bahwa jumlah personil Polri saat ini jumlah tidak sebanding dengan jumlah masyarakat yang kami jaga, idealnya 1 berbanding 100, tapi saat ini yang ada 1 berbanding 1000.Tentunya hal ini dapat memungkinkan bagi pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya," tambahnya.

Diakuinya bahwa Polri tidak bisa mengcover  sendiri semua aksi kejahatan yang terjadi saat ini, tanpa bantuan komponen masyarakat yang ada, tentunya termasuk peran Orang Tua salah satunya.Begitu juga seperti Gank Motor yang saat banyak dilakoni oleh masyarakat yang belum berusia 18 tahun alias masih anak anak.

"Tolong sampaikan kepada orang tua pesan dari saya untuk tidak mengizinkan anaknya yang belum cukup umur untuk membawa motor, karena dapat menimbulkan 3 resiko yaitu dapat membahayakan dirinya, dapat merugikan pengguna jalan lainnya  akibat tabrakan dan dipastikan bermasalah dengan hukum", pinta Kapolsek.

Saat ada pertanyaan dari salah satu perwakilan masyarakat yang hadir Taufik, dengan pertanyaan bagaimana cara mencari tahu tentang kebenaran informasi yang kadang dapat meresahkan masyarakat.

 "Silakan mengklarifikasi info, dalam era digitalisasi sangat mudah yaitu dengan menggunakan telepon celular, silakan bertanya langsung kepada orang orang yang memiliki akses terhadap pihak berwajib atau perangkat pemerintah terdekat, sehingga informasi didapat bisa lebih valid," jawabnya.

Seterusnya Camat Sail dalam sambutannya, sangat mengapresiasi Polri saat ini dengan program programnya yang humanis, dekat dengan masyarakat, mengayomi dan tanggap.

"Saya akan fasilitasi terus pertemuan pertemuan seperti ini, silahturahmi dan curhat, ini akan bisa menggali permasalahan yang ada dimasyarakat sehingga kita bisa menentukan kebijakan yang terbaik buat masyarakat kita baik masalah Kamtibmas dan lain lain," ucapnya.

Terakhir Camat menghimbau kepada masyarakat Kecamatan Sail, untuk menjaga Kamtibmas dan selalu menjaga kekompakan, karena saat ini kita sudah memasuki tahun politik, tentunya ada dinamika yang kadang terjadi di lingkungan masyarakat dengan mengkotak kotakan masyarakat karena warna dan pilihannya. (Golan)