Babinsa Koramil 02/TP Kembali Rutin Laksanakan Pemantauan Ternak

Ahad, 27 November 2022 - 12:56:06 WIB

TANJUNG MEDAN -- Untuk mengetahui perkembangan kesehatan terhadap ternak, Babinsa Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil, Peltu Andre Cahyono melaksankan pemantauan sekaligus lakukan pengecekan kesehatan hewan ternak sapi milik warga binaan.

Dimana, pemantauan tersebut difokuskan pada ternak milik Bapak Wahyudi warga binaannya di kepenghuluan Tanjung Medan Barat kecamatan Tanjung Medan, Ahad (27/11/2022).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati membenarkan adanya kegiatan tersebut. 

Saat mengunjungi salah satu ternak sapi milik warga Babinsa mengungkapkan, kegiatan ini kita lakukan sebagai upaya antisipasi serta memantau kesehatan hewan ternak terkait wabah PMK yang saat ini sangat meresahkan masyarakat terutama yang memiliki hewan ternak.

“Kita turun ke desa binaan serta melihat secara langsung hewan kita dapat memastikan kesehatan hewan yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit wabah PMK”, jelasnya.

Menurutnya pihaknya juga rutin melakukan himbauan kepada peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta harus bisa mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah PMK.

“Kepada warga supaya tidak perlu takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mulut, lepuh kepada instansi terkait,” tandas Lettu Cba (K) Karnilawati. (min)