Gubernur dan Kapolda Riau Tinjau Pos Terpadu Lebaran Perbatasan Riau

Jumat, 29 April 2022 - 18:51:45 WIB

BAGANBATU -- Gubernur Riau, Drs Syamsuar dan Kapolda Riau, Irjen Pol M Iqbal beserta rombongan pada Jumat (29/4) meninjau keberadaan Pos Pengamanan di perbatasan Riau-Sumut kepenghuluan Bagan Manunggal kecamatan Bagan Sinembah. 

Selain Gubernur dan Kapolda Riau, juga ikut dalam peninjauan ini Danrem 031/WB, Brigjen TNI Perlindungan Hutagalung, Wakil Bupati Rokan Hilir,  H Sulaiman SS MH, Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han), Wakajati Riau,  Akmal Abas, Ketua DPRD Rohil,  Maston. 

Rombongan Kapolda Riau tiba di Pos Pengamanan sekitar pukul 10.22 Wib dan disambut oleh Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH Sik beserta jajaran serta Upika Bagan Sinembah  yang lebih dulu hadir di lokasi.

Tampak hadir sejumlah Forkopimda Rohil, antara lain Bupati Rohil, H Suyatno Amp, Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi Ismanto SH SiK, Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi SIP MI Pol, Ketua DPRD Rohil Maston.

Rombongan juga meninjau langsung kegiatan dan perlengkapan di Pos Pengamanan yang berisikan petugas gabungan, serta berkomunikasi langsung dengan beberapa pengemudi angkutan barang yang tengah menjalani pemeriksaan saat melewati pos penyekatan ini.

Gubernur Riau,  Drs H Syamsuar dihadapan awak media usai melakukan peninjauan mengungkapkan, bahwa kegiatan itu dimaksudkan untuk melihat dari dekat proses pengamanan jalannya mudik di kawasan perbatasan. 

" Pengecekan Pos terpadu Lebaran 2022 tersebut dilakukan guna melihat kesiapan dan kelengkapan para personel dalam melaksanakan operasi ketupat 2022 yang telah dilakukan sejak hari ini tanggal 28 April - 9 Mei mendatang," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu Gubernur juga terus mengingatkan para pemudik yang melintas di perbatasan agar tetap mengutamakan keselamatan dalam mengendari kendaraan. 

Sementara itu Kapolda Riau,  Irjen Pol M Iqbal mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya  sedang melakukan pengecekan ke pos pengamanan khususnya didaerah perbatasan Riau-Sumut. 

" Target kita tahun ini adalah bisa 0 (zero) acident, kita harapkan benar-benar tahun ini nihil, dengan melakukan berbagai langkah-langkah strategis seperti membagikan bendera, menyiapkan alat pembaca kecepatan kendaraan di titik rawan kecelakaan serta memperbanyak rambu-rambu yang bisa tampak jelas oleh pengedara," jelas Kapolda.

Ditambahkan oleh Kapolda, dirinya juga berpesan kepada para pengemudi yang akan melakukan perjalanan yang jauh, ingat jangan dipaksakan fisiknya usahakan 3-4 jam sekali berhenti, agar konsentrasi tetap terjaga. 

"Sebelum berangkat juga cek dengan teliti kondisi kendaraan apakah layak dibawa perjalanan jauh, kemudian kapasitas kendaraan disesuaikan dengan jumlah orang dan barang di dalamnya jangan sampai berlebih muatan karena bisa berbahaya di perjalanan," ungkap Kapolda kembali. (Rls)