Bersama Mahasiswa Kukerta UNP Padang, Bati Tuud Lakukan Penanaman dan Perawatan Hidroponik

Selasa, 18 Januari 2022 - 13:47:50 WIB

UJUNGTANJUNG -- Setidaknya 3 orang mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP)  yang tengah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) dilapangan mendapatkan pemahaman seputar tanaman hidroponik. 

Kali ini para mahasiswa itu secara bersama-sama dengan Bati Tuud Koramil 02/TP, Lukas Joko Aprilanto melakukan penanaman dan perawatan tanaman sawi pokcay dan bayam yang ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik yang ada di halaman Makoramil 02/TP Ujung Tanjung, kecamatan Tanah Putih, Selasa (18/1/2022).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol yang dikonfirmasikan melalui Pgs Danramil 02/TP, Lettu Inf Sudarwanto membenarkan kegiatan tersebut. 

Menurut Danramil, bahwa Hidroponik adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan  air, tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

" Penanaman dengan sistem hidroponik ini memiliki banyak kelebihan dari pada penanaman dengan sistem konvensional," ujarnya. 

Selain menghemat lahan, lanjut Danramil lagi dari segi teknis, ekologi dan dapat menguntungkan secara ekonomis. 

" Dengan cara Sistem hidroponik dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan, ditempatkan dimana saja , masa panen lebih singkat, hasil budidaya hidroponik jauh lebih berkualitas dan steril. Karena selain tidak menggunakan pestisida juga tidak menggunakan pupuk kimia, sehingga hasil panen semakin aman dan sehat untuk dikonsumsi, " terangnya kembali. 

Danramil juga mengatakan bahwa kegiatan itu dilakukan sebagai upaya untuk pemberdayaan Holtikultura.

"  Hasil panen dapat dijadikan masyarakat sebagai bahan pelengkap kebutuhan rumah tangga, sehingga masyarakat bisa menghemat pengeluran untuk  membeli sayur, " ungkapnya lagi. 

‘’Semoga dengan kegiatan ini  bisa  untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bertanam dengan cara hidroponik, khususnya kepada anak-anak mahasiswa sehingga dapat meningkatkan keinginan berwirausaha dan meningkatkan perekonomian warga walau dengan lahan yg terbatas,” katanya lagi. (min)