Koramil 02/TP Kembali Lanjutkan Pembuatan Wadah Hidroponik Di Ponpes BHD

Senin, 11 Oktober 2021 - 14:33:43 WIB

CEMPEDAK RAHUK -- Jajaran Koramil 02/TP terus fokus melaksanakan pemberdayaan ekonomi dan kembali melanjutkan pembuatan lahan ketahanan pangan dengan sistem hidroponik. 

Kegiatan yang pimpin oleh Serma Seman pada Senin (11/10) ini dipusatkan di Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah (BHD) Kelurahan Cempedak Rahuk,  kecamatan Tanah Putih.

Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Arh Jemirianto pada Sabtu (9/10) membenarkan kegiatan tersebut. 

Danramil juga mengatakan, pondok Pesantren BHD  ini merupakan pondok pesantren pertama yang dilakukan pembinaan program kemitraan budidaya hidroponik di wilayah Koramil 02/TP.

" Terkait program ketahanan pangan ini khususnya hidroponik, ke depan kita juga akan membantu beberapa pondok pesantren yang ada di Kecamatan Tanah Putih, " katanya.

Budidaya sayuran hidroponik ini, lanjut Danramil dilaksanakan mengingat beberapa pondok pesantren yang ada ini tidak bisa ditanam sayur secara langsung karena kondisi tanah yang rawa.

"Jadi hidroponik merupakan salah satu solusi yang kami berikan kepada pondok pesantren sekaligus membantu peningkatan gizi dari peningkatan sayur mayur dan kita harapkan dapat memenuhi kebutuhan para santri," paparnya.

Sebelum penyerahan bantuan paket hidroponik siap pakai tersebut kata Danramil, pihaknya sudah berikan pelatihan kepada para santri dan santriwati.

"Harapan kita bisa dikembangkan secara mandiri dan ini merupakan salah satu potensi untuk mendukung santri sesuai dengan program pusat dan ini harapan nya juga bisa dijual untuk meningkatkan penghasilan dari pesantren," ujarnya.

Danramil juga berharap program ketahanan pangan yang digagas melalui Babinsa bisa menstimulasi perusahaan maupun masyarakat yang ingin bergabung dengan pihak kodim dan ingin menyalurkan bantuan kepada masyarakat khususnya pondok pesantren. (min)