Nelayan Di Penuba; "Tidak Benar Kelangkaan Minyak Solar".

Selasa, 14 September 2021 - 12:35:30 WIB

Awak media kami sedang mengkonfirmasi Nelayan diDesa Penuba.

Nelayan Di Penuba; "Tidak Benar Kelangkaan Minyak Solar".


     (Momenriau.com Selayar). Pemberitaan di beberapa media Online yang terbit pada hari Selasa (14/09-2021) mejabarkan bahwa seakan-akan "di Penuba Kec.Selayar Kab.Lingga Propinsi Kepri telah terjadi kelangkaan BBM jenis Solar", membuat banyak masyarakat di Kecamatan tersebut merasa heran.
     Masyarakat Penuba khusunya serta masyarakat Kecamatan Selayar pada umunya, menjadi heran karena, BBM jenis Solar tersebut tidak langka, nelayan tidak ada yang tidak melaut, foto kapal nelayan tersebut nyandar itu adalah setelah baru pulang daridimaksud..
     Apa lagi, pemberitaan tersebut berasal dari nara sumber bernama "Asril" yang bukan beraktifitas sebagai nelayan, akan tetapi kononnya berprofesi sebagai "Jurnalis" alias "Wartawan", berdomisili di Penuba, seharusnya dia yang menulis pemberitaan, bukan "menyuruh" wartawan lain yang memberitakan dan dia (Asril-red) menjadi nara sumber.
     Dengan pemberitaan yang berpotensi menimbulkan "keresahan ditengah masyarakat", berpotensi mengarah kepada "pemberitaan Hoax", berpotensi menyebarkan "Fitnah" serta mengarah kepada suatu "perbuatan yang tidak menyenangkan" yang berasal dari nara sumber tidak berkompeten, akan dapat juga menimbulkan kekeliruan penilaian masyarakat terhadap "jurnalis" khususnya kepada awak media yang merilis pemberitaan dimaksud.
     Untuk itu, masyarakat tidak menyalahkan awak media yang merilis pemberitaan tersebut, namun masyarakat berharap agar pihak penegak hukum segera memanggil saudara "Asril" untuk dimintai keterangan. Kenapa "Asril" yang harus dipanggil pihak penegak hukum, karena dia (Asril-red) yang bisa menjelaskan secara detail terkait pemberitaan yang ditulis oleh "Jurnalis".
     Pada hari yang sama, usai membaca berita dari dua media Online berbeda dengan judul yang sama yakni ;" KELANGKAAN BAHAN BAKAR MINYAK SOLAR DILINGGA DIPERTANYAKAN ?" serta isi pemberitaan yang hampir sama pula, maka hari Selasa (14/09-2021), tepatnya pada pukul 12.05 siang, awak media kami melakukan konfirmasi kepada sebahagian besar nelayan di desa Penuba Kec.Selayar. Dari hasil konfirmasi kepada nelayan-nelayan dimaksud, hampir senada mereka (nelayan-red) mengungkapkan bahwa "tidak benar itu kelangkaan itu pak, buktinya, ini kapal kami baru pulang dari melaut".(Edysam).