Cegah Karhutlah, Bhabinkamtibmas Lakukan Giat Patroli

Jumat, 15 Januari 2021 - 14:00:18 WIB

PANIPAHAN --- Sebagai langkah pencegahan serta mengantisipasi munculnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) disekitar pesisir Rokan Hilir,  untuk itu Bhabinkamtibmas Polsek Panipahan kembali aktif melaksanakan kegiatan patroli.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Panipahan Laut,  kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika)   Bripka Alex Sander dengan menyisir dilahan perkebunan masyarakat serta semak belukar.

Dalam kesempatan itu,  Bhabinkamtibmas juga turut memberikan himbauan kepada warga masyarakat tentang larangan melakukan pembakaran lahan. 

Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi Ismanto SH Sik yang dikonfirmasikan melalui Kapolsek Panipahan,  Iptu Boy Setiawan SAP Msi membenarkan adanya kegiatan patroli tersebut.

" Alhamdulillah dari tiga titik yang disasar oleh Bhabinkamtibmas Polsek Panipahan sampai sejauh ini tidak ditemukan titik api, " ujar Boy. 

Menurutnya, kegiatan patroli tersebut perlu dilaksanakan mengingat kondisi lahan di daerah pesisir tersebut mayoritasnya adalah merupakan lahan gambut dan semak belukar.

" Ada beberapa titik yang selama ini rawan terjadinya kebakaran lahan dan hutan, terutama yang berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Utara. Dan untuk itu, kita intensifkan patroli dan himbauan kepada warga agar tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar," terang Boy Setiawan. (min)