Camat Basira Panggil Management PT,KAN dan Tegaskan Perusahaan Harus Lebih Santun Perlakukan Karyawanya

Sabtu, 12 September 2020 - 23:43:25 WIB

Ket Poto.Khairul (KTU) PT.KAN saat di cevar pertanyaan oleh Camat Basira terkait tindakan yang dinilai cukup kejam

BASIRA-Camat Bagan Sinembah Raya panggil management Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT.Kencana Andalan Nusantara setelah puluhan Karyawanya mengadukan kepada dirinya atas tindakan mengusir Keluarga Karyawan yang di PHK saat hujan deras jumat (10/09) Kemarin.

Dengan tegas Camat Basira, Drs.HM.Yusuf,M.Si  mengingatkan agar Perusahaan bertindak secara manusiawi dan tidak gegabah dalam mengambil tindakan yang dapat merugikan Perusahaan sendiri terlebih hal yang menyangkut tenaga kerja .

"Soal ketenagakerjaan Pemerintah Kecamatan tidak punya wewenang tetapi bagaimanapun mereka (Karyawan,Red) yanh mengadukan tindakan management perusahaan terhadap rekan seprofesinya dan status mereka adalah masyarakat saya harus saya tangapin dan akan saya lanjutkan laporan ini ke Bupati Rokan Hilir,"Jelas Camat 

Ditambahkan Camat,"Pecat boleh jika Karyawan melanggar peraturan tetapi harus dengan cara yang santun seluruh Hak karyawan wajib dipenuhi,jangan hak tidak dipenuhi main usir saja apalagi cuacanya hujan jelas itu sangat zolim,"kesal Camat.

Sementara Perwakilan Perusahaan PT.KAN yang menghadiri pangilan Camat Basira,Khairul (KTU) mengatakan, kami juga statusny sama dengan Karyawan yang di PHK jadi semua itu adalah keputusan Pimpinan kami hanya jalankan saja.

"Semua itu sudah menjadi keputusan pimpinan terkait hak karyawan yang belum dipenuhi perusahaan saya tidak tau karena saya mulai bekerja di PT.KANt  tahun 2019 jadi kalau persoalan sebelumnya saya tidak mengetahuinya,"Ucap Khairul terkesan mengelak padahal kasus tersebut sudah ditangani oleh Disnaker Rohil.

Dirinya juga berjanji seluruh hak karyawan terkait Adminitrasi PHK tidak hormat karyawan PT.KAN bisa dipenuhi,"Sesuai apa yang disampaikan bapak Camat terkait surat menyuratnya bisa kita penuhi,"Pungkasnya.(Ndri)