Pemcam Basira Bersama Karang Taruna Razia Masker, Tak Pakai Masker Pengendara Dipaksa Putar Balik

Rabu, 29 Juli 2020 - 17:11:18 WIB

BASIRA -  Unsur Pimpinan Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) bersama Karang Taruna kembali melakukan razia protokol kesehatan bagi para pengendara yang hendak masuk kedaerah kecamatan tersebut.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Camat Basira,  Drs HM Yusuf Msi dilaksanakan pada Rabu (29/7) mulai pukul 08.00 wib di depan posko siaga covid-19 kecamatan Basira yang terletak di jalan Utama Bagan Sinembah Kota.

HM Yusuf Msi mengatakan, tindakan ini merupakan tindak lanjut dari dari adanya dua warga kecamatan Bagan Sinembah yang terkonfirmasi positif covid-19 serta sekaligus untuk memperketat protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Sesuai dengan intruksi Bupati Rokan Hilir bahwa selain melakukan sosialisasi serta menindaklanjuti adanya dua warga dari kecamatan Bagan Sinembah yang terpapar covid-19 maka kita tim Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 bersama dengan Karang Taruna kecamatan Basira kembali rutinkan melakukan razia masker,” katanya kepada awak media.

Dimana, lanjut Camat lagi bagi para pengendara atau warga yang  masuk ke kecamatan Basira harus benar-benar tertib protokol kesehatan, terutama bagi yang tidak menggunakan masker.

“Jadi yang tidak ada masker kita suruh putar arah, harus pakai masker dulu baru boleh masuk,” lanjut Yusuf kembali.

Demikian pula halnya dengan pendatang dari luar daerah dengan tegas Camat meminta agar dapat menunjukkan surat keterangan (Suket) kesehatan. " Dan khusus bagi pendatang dari luar daerah tentu selain masker syarat lainnya adalah surat keterangan kesehatan. Jika tidak ada tentu kita akan paksa balik kanan juga, " tegas Yusuf.

Camat juga menjelaskan, razia ini merupakan dari sosialisai protokol kesehatan kepada warga yang ingin memasuki ke wilayah kota yang umumnya belum tahu terkait aturan wajib pakai masker ini.

" Mudah-mudahan bagi yang terjaring razia tadi bisa menyampaikan ke keluarganya bahwa kalau mau masuk Kecamatan Basira wajib pakai masker, "  harapnya.

Dalam kesempatan itu dirinya mengimbau masyarakat yang ada di Kecamatan Basira untuk terus mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Upaya ini diharapkan dapat menekan atau mengantisipasi Covid-19.

“Semoga warga Kecamatan Basira maupun yang beraktivitas di sini selalu terbiasa mengikuti protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari-hari sehingga akan memutuskan rantai penyebaran Covid-19,” harap HM Yusuf Msi.(Ndri)