Warga Kampung Harapan Ingin Ada SD Negeri Dikelurahan Bagan Sinembah Kota

Kamis, 25 Juni 2020 - 10:28:03 WIB

BASIRA - Sebagai salah satu kampung tua di kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) ternyata masih terus menyisakan persoalan bagi warga masyarakat. Dimana, sejak berdiri kampung tersebut sampai sejauh ini warga masih mengharapkan adanya pusat pendidikan Sekolah Dasar Negeri (SDN).Kamis (25/06)

Hal ini terungkap saat warga menyampaikan kepada anggota DPRD Rokan Hilir, Fazrul Hidayat Lubis SE saat melaksanakan kegiatan reses di Kampung Harapan, kelurahan Bagan Sinembah Kota, kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira), Selasa (23/6)Kemarin

" Kami warga disini (Kampung Harapan, Red) sangat mengharapkan agar dibangun SD Negeri. Karena sejak kampung ini berdiri sampai sekarang kampung kami tidak ada sekolah SD Negeri, " ungkap salah seorang warga, Adek kemarin. 

Akibatnya, lanjut ibu muda ini lagi jika ingin anak-anaknya sekolah ke SDN,  maka para orang tua di Kampung Harapan terpaksa harus menempuh jarak yang lumayan jauh. 

" Karena sekolah yang ada di kampung kita ini adalah sekolah-sekolah swasta, maka jika anak-anak kita ingin sekolah negeri, maka harus ke kampung lain yang jaraknya lumayan jauh, " terangnya kembali.

Dan menyikapi usulan warga tersebut anggota DPRD Rokan Hilir, Fazrul Hidayat Lubis SE mengatakan, bahwa untuk usulan tersebut adalah bukan merupakan bidangnya.

" Sebenarnya kalau masalah usulan warga tentang butuh gedung SD Negeri bukan ranah saya, namun nanti akan coba saya bicarakan dengan rekan-rekan yang ada di Komisi D dan juga Dinas terkait,  dalam hal ini Dinas Pendidikan, " jelasnya. 

Namun demikian dirinya mengaku sangat prihatin dengan usulan warga tersebut. " Terus terang,  saya benar-benar prihatin dan juga sedih mendengar usulan itu. Ternyata di kelurahan Bagan Sinembah Kota atau yang nota benenya adalah merupakan kampung tertua ini belum memiliki Sekolah Dasar Negeri," tutur Fazrul.

Padahal, dirinya menilai apa yang dikeluhkan warga masyarakat itu dinilai sangat realistis. Karena dengan adanya SD Negeri di Kampung Harapan itu diharapkan akan dapat mengurangi beban warga. 

" Kalau memang ada SD Negeri di kampung ini,  tentu warga tidak lagi harus mengeluarkan biaya besar,  menempuh jarak yang jauh,  karena harus ke kampung lain. Apalagi mengingat sekarang ini sekolah-sekolah menerapkan sistem zonanisasi, " tegas Fazrul lagi kemarin.(Ndri)