GENPPARI Petakan Danau Balaton di Kroasia untuk Memodelkan Konsep Wisata Bahari Indonesia

Senin, 06 Januari 2020 - 21:48:33 WIB

Dede Farhan Auwali

Momenriau.com- Momenria sebagai sebuah negara yang berada di tengah daratan, praktis tidak memiliki pantai dan laut. Namun negara ini memiliki danau yang sangat luas seperti Danau Toba di Sumatera Utara. Saking luasnya, danau ini mirip laut sehingga menjadi destinasi wisata terutama saat musim panas.

" Kunjungan tim GENPPARI ke danau Balaton ini untuk melengkapi objek studi dalam mengembangkan kawasan danau sebagai objek wisata favorit ", ujar Dede Farhan Aulawi selaku Ketua Umum Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia (GENPPARI), Minggu (15/12) di kediamannya. 

Selanjutnya Dede juga menambahkan bahwa   Danau Balaton merupakan danau terbesar di Eropa Tengah. Saking luasnya 
 kadang-kadang danau tersebut disebut "Laut Hongaria". Sungai Zala merupakan sumber aliran utama air ke danau ini, dan satu-satunya aliran ke luar dari danau ini adalah melalui Sungai Sió.

Di sekitar wilayah ini terdapat Biara Benediktin yang memiliki pemandangan indah. Sementara Danau Balaton masuk ke dalam kawasan cagar alam yang didalamnya memiliki pepohonan almond dan lavender. Biara Benediktin yang dibangun sejak abad ke 17 memiliki sejarah perkembangan agama di Hungaria. Tidak jauh dari Biara Benediktin, terdapat pelabuhan untuk  menikmati pemandangan kapal-kapal di pinggir danau.

" Di saat musim dingin kadang - kadang danau ini bisa membeku, terutama saat cuaca ekstrem sedang melanda kawasan ini. Oleh karena itu apapun studi GENPPARI ke berbagai belahan dunia, outcome-nya harus berorientasi pada kepentingan bangsa dan negara ", jelas Dede mengakhiri keterangan.

*Langkahkan Kaki ke Berbagai Belahan Dunia, tapi Jangan Lupakan Orientasi untuk Kesejahteraan Bangsa*

Oleh:Deede Farhan Aulawi