Susuri Belukar, Babinsa Koramil 0321-02/TP Rohil dan Warga Kompak Laksanakan Patroli Karlahut

Rabu, 21 Agustus 2024 - 10:43:35 WIB

BANJAR XII -- Menindaklanjuti kondisi cuaca yang tidak menentu, untuk kesekian kalinya personel Koramil 0321-02/TP Rohil mengajak warga masyarakat untuk melakukan kegiatan patroli.

Hal ini seperti yang ditunjukkan oleh tiga orang Babinsa Koramil 0321-02/TP Rohil yang dipimpin oleh Sertu Suparman dan warga saat menyusuri semakin belukar dan perkebunan warga di kelurahan Banjar XII kecamatan Tanah Putih, Rabu (21/8/2024).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmaskan melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati mengatakan bahwa kegiatan patroli dilakukan selain untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah teritorial dan desa binaan, juga untuk memberikan pemahaman tentang bahaya karhutla.

" Intinya, kita terus mensosialisasikan  kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla sekaligus mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membakar sembarangan dengan melarang membuka lahan dengan cara membakar," jelasnya.

Danramil juga menyebutkan, bahwa kondisi lahan-lahan yang ada di wilayah teritorial Koramil 0321-02/TP Rohil didominasi lahan gambut.

" Berkaca dengan apa yang kita alami di wilayah teritorial Koramil 0321-02/TP Rohil beberapa lalu, dimana sejumlah lahan gambut terbakar, dan untuk itu sejak dini kita kembali mengingatkan warga agar tidak lengah dalam melakukan pengawasan," terangnya kembali.

Dalam kesempatan itu Danramil juga menghimbau kepada warga masyarakat agar sama-sama dapat menjaga kelestarian lingkungan.

" Kepada para warga khususnya para pencari ikan atau pemancing agar tidak membuang puntung rokok sembarangan," himbau Kapten Cba (K) Karnilawati. (min)